Diskon Akhir Tahun di Play Store Makin Gila!

Aplikasi di Play Store Android sangatlah banyak dan agar dapat masuk ke Play Store, Developer mungkin harus mengikuti syarat tertentu dari Google. Tapi, bukan berarti seluruh aplikasi yang lolos dan saat ini sudah hadir di Play Store tak bisa dihapus secara sepihak (oleh Google) yah!

Baru-baru ini Google menyatakan jika masih ada aplikasi yang meminta akses ataupun izin melihat daftar laporan panggilan (call log) serta sms yang ada pada ponsel kamu, maka nantinya aplikasi tersebut akan dihapus dari Play Store!

Kami akan mengambil tindakan serius untuk aplikasi yang perlu akses ke data sensitif. Hal ini berlaku untuk izin atau akses ke SMS dan Log Panggilan yang mana dirancang bagi pengguna untuk dapat memilih aplikasi dialer atau pesan favorit mereka, tetapi juga hal tersebut dapat digunakan untuk kegunaan lain yang mungkin tidak memerlukan tingkat akses yang sama. Dalam upaya meningkatkan kontrol pengguna atas data mereka, Oktober lalu kami mengumumkan bahwa kami akan membatasi akses developer ke izin SMS dan Log Panggilan.

Kebijakan baru kami dirancang untuk memastikan bahwa aplikasi yang meminta izin ini membutuhkan akses penuh dan berkelanjutan ke data sensitif untuk menyelesaikan kasus penggunaan utama aplikasi dan pengguna juga harus memahami mengapa data ini diperlukan agar aplikasi berfungsi.

Pengembang yang aplikasinya menggunakan izin ini akan kami beritahukan melalui email dan diberikan waktu selama 90 hari untuk menghapus izin tersebut atau mereka bisa mengirimkan formulir pernyataan izin untuk memungkinkan peninjauan lebih lanjut.

Tujuan Google melakukan hal tersebut sangatlah simpel, yakni untuk melindungi data pengguna karena pada dasarnya tidak semua aplikasi memerlukan izin akses ke SMS dan daftar panggilan telepon pada tingkatan yang sama. Terkadang kita juga sering menemukan aplikasi simpel seperti flashlight yang memerlukan akses ke log panggilan dan juga sms, padahal sebeneranya aplikasi tersebut tak memerlukan hal tersebut.

Nah, mungkin karena hal tersebutlah Google menerbitkan peraturan baru ini. Kalau menurut pendapatmu gimana, perlukah Google memberlakukan hal ini?

via Android Developers Blog

  Duel Klasik VIVO vs OPPO..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.