Kali ini DroidPoin bakal mengajak kamu untuk Unboxing Samsung Galaxy M20 Resmi Indonesia yang baru aja dirilis. Ini menarik — pertama karena Samsung Galaxy M20 adalah smartphone budget keren terbaru dari Samsung, dan kedua karena isi paket pembelian Galaxy M20 resmi Indonesia beda dari yang dirilis di negara lain, seperti India misalnya. Ada dua tipe warna Galaxy M20, yaitu Ocean Blue dan Charcoal Black — dan yang akan DroidPoin Unboxing ini adalah yang Charcoal Black. Langsung aja tonton video Unboxing Samsung Galaxy M20 Indonesia berikut ini:

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

Di belakang box bisa kamu liat detail specs nya, tertulis pake Infinity-V display, alias V-notch, lalu baterainya ini 5000 mAh — ini sama kayak kapasitas baterai ASUS Zenfone Max Pro M2 — dan yang masuk ke Indonesia untuk saat ini adalah varian 3GB RAM dan 32GB storage.

Untuk Samsung Galaxy M20 resmi Indonesia, di paket pembelian kamu bakal mendapatkan:

  • Buku Panduan (Indonesia dan Bahasa Inggris)
  • Detail stiker IMEI dan Serial
  • Charger 15W (Fast Charging)
  • Kabel charger USB Type-C
  • Earphone Samsung
  • Sim Tray Ejector

Bagi kamu yang beli Galaxy M20 Resmi, maka kamu bakal mendapatkan earphone Samsung. Ini menarik karena beberapa smartphone lain di kelasnya tidak mendapatkan bundling earphone, bahkan di Galaxy M20 versi India juga tidak disertakan earphone. Jadi ini nilai plus untuk Galaxy M20 yang dijual resmi di Indonesia.

Akhirnya, Hape Budget Keren dari Samsung — Unboxing Samsung Galaxy M20

Ini dia Samsung Galaxy M20. Kamera belakangnya ini kombinasi 13 MP kamera utama dan 5MP ultra wide angle. Ada flash led nya juga. Lalu ada fingerprint sensor di belakang. Untuk port nya ada headphone jack 3.5mm, USB-Type C, lubang mic, dan juga lubang speaker.

Tombol power dan volume semuanya terletak di sebelah kanan. Di sebelah kiri cuman ada Sim tray aja, dan ini bukan hybrid, jadi kamu bisa pake dual SIM sekaligus dengan microSD up to 512GB.

Akhirnya, Hape Budget Keren dari Samsung — Unboxing Samsung Galaxy M20

Oke langsung aja kita nyalain aja. Di tengah proses setup kamu bisa pilih mau setup Face recognition, fingerprint, ataupun PIN. Kamu bisa pilih salah satu dulu. Buat kamu yang sering pake Samsung pasti udah gak asing lagi, ini adalah tampilan dari Samsung Experience 9.5 dengan basis Android 8.1 Oreo.

Akhirnya, Hape Budget Keren dari Samsung — Unboxing Samsung Galaxy M20

Ada yang unik untuk register fingerprint, karena di Galaxy M20 register fingerprint ternyata bukan dengan tap sensornya, tapi dengan di swipe. Ini sekali swipe aja bisa langsung selesai, jadi gak perlu bolak-balik tap fingerprint ya saat register. Dan kalo unlock, kamu bisa swipe ataupun tap, semuanya bisa. Untuk fingerprint unlock nya lumayan cepat, tetapi masih lebih cepat unlock pake Face Recognition.

Akhirnya, Hape Budget Keren dari Samsung — Unboxing Samsung Galaxy M20

Ada yang unik juga di notch nya, kalo kamu unlock baik itu pake Face recognition atau fingerprint, ada animasi unlock mengelilingi notch. Ini detail yang menarik dari Samsung. Dan ngomongin tentang notch, infinity-V ini sebenernya gak jauh beda dengan waterdrop notch di hape Android lainnya.

Untuk layarnya ini 6.3 inch PLS TFT, tapi jangan salah, meskipun di belakang namanya ada TFT nya, tapi PLS TFT ini nggak seperti panel layar TFT di hape jaman dulu yang viewing angle nya sempit banget. Layar PLS TFT di Galaxy M20 ini punya warna yang vibran, tajam, dan vieweing angle ini luas, bisa kamu lihat dari berbagai sudut ya. Jadi secara experience, kalo dicoba langsung, layar PLS TFT di M20 ini sama aja kayak layar IPS LCD.

Buat kamu yang penasaran, DroidPoin sudah cek benchmark dengan Antutu — dan hasilnya lumayan, 108 ribu untuk score antutu benchmarknya. Jadi oke juga ini chipset Exynos 7940 nya. Untuk sensor2nya cukup lengkap, Accelerometer ada, gyro sensor ada, geomagnetic, proximity, GPS, dan Glonass jg ada. Nah ini kalo kita cek dari sensor box, Light Sensor ini kedetect g ada — tapi Samsung udah confirm kalo M20 ini punya light sensor, dan selain itu juga bisa kamu lihat dari adanya fitur auto brightness di Galaxy M20 ini, jadi mungkin — aplikasinya aja yang blm bs detect light sensor baru yang dipake Samsung di hape ini. Kalo NFC emang Galaxy M20 ini tidak dilengkapi dengan NFC. Jadi nggak ada NFC nya ya.

Beralih ke bagian kamera, kamera belakangnya punya banyak mode — ada auto, live focus, beauty, pro, panorama, sampe sticker dan continuous shot. Tapi yang menarik, kamu bisa pindah dari lensa utama ke lensa wide angle melalui Toogle. Wide angle ini cocok buat dipake foto rame2 atau foto pemandangan. Sekilas untuk hasil jepretan fotonya sendiri bagus. Tapi selengkapnya nanti bakal kita ulas lebih detail di video reviewnya.

Sekarang ke kamera depan 8MP nya, mode di kamera depan tidak sebanyak kamera belakang. Hanya ada 3 mode yaitu selfie, live focus, dan sticker. Hasil jepretan selfie nya juga bagus. Untuk video sama, baik rekaman kamera depan dan belakang semuanya mampu rekam di maksimal resolusi 1080p 30fps.

So far kesan pertama DroidPoin, hape ini enak ya..enak digenggam, enak dipake, buat browsing enak, UI dan Experiencenya juga oke. Jadi akhirnya Samsung bisa merilis smartphone budget yang kompetitif dan mampu bersaing dengan lini budget dari brand lainnya. Untuk detail review seperti performa harian, performa gaming, baterai, serta hasil lengkap jepretan kamera bakal DroidPoin rilis di video review selanjutnya, setelah DroidPoin gunakan beberapa hari kedepan tentunya.

Sampaikan aja pendapat kamu tentang Samsung Galaxy M20 Indonesia ini di kolom komentar, dan sampai bertemu lagi di ulasan gadget menarik selanjutnya.