via HMD Global / Nokia

Yang dinanti-nantikan akhirnya telah resmi diluncurkan. HMD Global resmi merilis smartphone flagship teranyarnya, Nokia 9 PureView dalam ajang Mobile World Congress 2019 di Barcelona, Minggu (24/2). Nokia 9 PureView sekaligus menjadi smartphone pertama di dunia dengan lima kamera belakang sekaligus.

Minim Bezel, Tanpa Notch

Kita bahas dari desainnya. Nokia 9 PureView punya layar yang minim bezel namun tidak memiliki notch ataupun layar berlubang alias punch hole seperti smartphone flagship lainnya. Sayangnya, berbeda pada Nokia 8 Sirroco yang mengusung layar 3D, maka di smartphone ini hanya berdesain 2.5D saja.

via HMD Global / Nokia

Smartphone ini menggunakan aluminium sebagai bodynya, berlapis kaca Gorilla Glass 5 pada depan dan belakang ponsel. Hanya ada satu warna yang tersedia, yakni Midnight Blue.

Baca Juga:

Pertama dengan Lima Kamera Belakang

Untuk spesifikasinya, Nokia 9 PureView menggunakan layar pOLED sebesar 5.99 inch beresolusi QHD+, rasio 18:9, dan teknologi PureDisplay. Smartphone ini masih menggunakan chipset yang lebih lawas setahun, Snapdragon 845, tapi masih bisa dikatakan wajar karena pengembangannya yang sudah dilakukan sebelum Snapdragon 855 dirilis. Kemudian ada RAM sebesar 6GB, dan memori internal 128GB.

Nokia 9 PureView membawa lima buah kamera belakang dengan resolusi yang sama yakni 12MP dan aperture f/1.82. Dua lensa kameranya merupakan lensa warna atau RGB, sedangkan tiga lensa merupakan lensa monokrom. Kombinasi dari kelimanya diklaim bisa menghasilkan hasil foto dengan dynamic range yang baik, lebih detail, foto low light yang bagus,  dan depth-of-field yang mengagumkan dengan kemampuan memotret hingga 1.200 layer.

via HMD Global / Nokia

Semua lensa kamera tersebut akan digunakan bersama ketika pengguna mengambil gambar. Pengguna juga bisa mengatur fokus gambar dengan Google Photos, ataupun mengedit hasil foto berformat RAW dan DNG langsung dari smartphone.

Pada kamera Nokia 9 PureView ini menggunakan application-specific integrated circuit dari Light, yang juga membuat kamera dengan 16 lensa. HMD masih menggandeng lensa dari Carl Zeiss pada kamera Nokia 9 PureView. Tersedia pula lampu LED flash, autofocus, dan 3D ToF camera untuk AR. Sedangkan kamera depannya sendiri beresolusi 20MP.

via HMD Global / Nokia

 

Punya Sensor Fingerprint di Layar

Nokia 9 PureView sudah dibekali teknologi sensor sidik jari di layar atau In-screen fingerprint, kemampuan tahan air dan debu IP67, USB type-C, dan memakai OS Android 9.0 Pie serta bergabung dalam keluarga besar Android One. Agar bisa beroperasi, daya smartphone ini dipasok oleh baterai sebesar 3320 mAh, yang sudah mendukung pengisian cepat dan Qi wireless charging.

HMD Global akan mulai menjual Nokia 9 PureView pada akhir Februari ini di sejumlah negara.

Harga dan Spesifikasi Nokia 9 PureView

Harga 699 USD (sekitar Rp 9,8 jutaan)
Sistem Operasi Android 9.0 Pie
Dimensi 155 x 75 x 8 mm
Berat 172 gram
Layar pOLED 6 inch, resolusi QHD+, rasio 18:9, PureDisplay, HDR10 support, Gorilla Glass 5
Prosesor Octa-core, Snapdragon 845 (4×2.8 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver)
GPU Adreno 630
RAM 6GB LPPDDR4X
Memori Internal 128GB
MicroSD Hingga 512GB
Kamera Belakang Lima kamera (2 lensa RGB+3 lensa monokrom), 12MP, aperture f/1.82, 1/2.9″, 1.25µm, ZEISS optics, autofocus, 3D ToF camera, LED flash, video 4K HDR
Kamera Depan 20MP
Fitur Kamera HDR, Geo-tagging, Panorama, Face Detection, Beautify, Pro Mode, AI, Google Photos Re-focus, screen flash, RAW/DNG
Koneksi 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth 5.0, USB-C, NFC, ANT+, GPS, Glonass, BeiDo
Sensor Fingerprint Sensor In-screen fingerprint sensor, ALS/PS, Accelerometer (G-sensor), Magnetometer (E-compass), Gyroscope, Hall sensor, Barometer, Haptic vibrator
Fitur Lain Qualcomm® aptX™, AR Core support, IP67 tahan air dan debu
SIM Dual SIM (hybrid)
Baterai 3320 mAh, support fast charging, support Qi wireless charging
Pilihan Warna Midnight Blue

  Misteri Fitur Baru MIUI 11 Sudah Terungkap  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.