via Twitter/Ben Geskin

Pabrikan smartphone berlomba-lomba berinovasi untuk membuat smartphone yang terbaik, termasuk pada desainnya. Setelah sensor sidik jari di layar, kini ini giliran kamera.

Jika sebelumnya Samsung akan mengembangkan agar kamera bisa ditaruh di bawah layar, maka kini pabrikan asal Tiongkok, Oppo juga dikabarkan berminat untuk membuatnya, bahkan kemungkinan lebih cepat dari Samsung/

Pembocor Ben Geskin membocorkan informasi ini. Ia menyebut Oppo akan meluncurkan smartphone perdana dengan kamera di bawah layar di tahun ini. Meski demikian ia tak menyebut waktu spesifik kapan Oppo akan mengumumkannya.

Baca Juga:

Ben juga sekaligus mengunggah sebuah gambar yang membuat bagian atas smartphone, tampak memiliki bezel atau pinggiran layar yang tipis. Ia juga tak menjelaskan smartphone tersebut, apakah ini hanya sebuah ilustrasi saja atau memang benar-benar smartphone Oppo dengan kamera tertanam di bawah layar.

Kamera di bawah layar ini memungkinkan sebuah ponsel memiliki layar benar-benar fullscreen, tidak memiliki notch, dan tidak adanya mekanisme kamera pop-up ataupun geser/slider.

Sebelumnya Samsung telah mengembangkan teknologi UPS (Under Panel Sensor) yang memungkinkan berbagai sensor pada ponsel (termasuk kamera) berada di bawah layar. Menariknya, meski sensor-sensor ini diletakkan di bawah layar, tapi sensor tak nampak terlihat dan mengganggu pengguna.

Tapi sayangnya pihak Samsung mengatakan perlu waktu sekitar 1-2 tahun untuk meluncurkan smartphone dengan teknologi ini.

Menarik bukan? Kita nantikan aja smartphone dengan kamera di bawah layar ini.

via Gizmochina

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.