via HMD Global/Nokia

HMD Global akhirnya resmi meluncurkan smartphone terbarunya, Nokia 2.2. Smartphone ini dijual dengan harga yang terjangkau dengan spesifikasi yang lebih baik dibanding suksesornya, Nokia 2.1. Berapa harganya?

Desain Mirip Nokia 3.2, Spesifikasi Naik Kelas

Desain Nokia 2.2 dibagian depannya mengingatkan kita dengan Nokia 3.2 ataupun Nokia 4.2. Smartphone ini memiliki layar dengan notch tear drop yang minim bezel di bagian sisi smartphone, namun lebih tebal di bagian bawahnya.

Baca Juga:

Yang menarik ada di bodi belakangnya yang bisa dilepas pasang. HMD menyediakan aksesoris casing Xpress-on dengan beragam pilihan warna, yakni Pink Sand, Ice Blue dan Forest Green. Untuk pilihan warna yang tersedia ada Steel dan Tungsten Black.

via HMD Global/Nokia

Smartphone ini memiliki spesifikasi yang sudah naik kelas dan tidak rendah-rendah amat. Sebut saja layar IPS seluas 5.71 inch beresolusi HD+ dan rasio layar 19:9, prosesor quad-core MediaTek Helio A22, RAM sebesar 2GB atau 3GB, serta memori internal 16GB atau 32GB yang masih bisa diperluas dengan slot microSD.

Kamera Belakang 13MP, Bisa Pakai Android Q

Soal kamera, HMD Global menyematkan satu buat kamera belakang dengan resolusi 13MP dengan aperture f/2.2, fitur autofocus, dan lampu LED flash. Sedangkan kamera depannya beresolusi 5MP. Nokia 2.2 juga mempunyai fitur kecerdasan buatan atau AI di kameranya yang diklaim bisa mendongkrak hasil foto dalam kondisi low-light, termasuk fitur AI dalam Google Photos.

via HMD Global/Nokia

Sama seperti Nokia 3.2 ataupun 4.2, di Nokia 2.2 terdapat tombol khusus Google Assistant di sisi ponsel. Ada pula fitur Always-on display, dan face unlock. Smartphone ini juga tergabung dalam keluarga Android One, sehingga Nokia 2.2 dijamin mendapatkan pembaruan software major hingga 2 tahun, termasuk akan mendapatkan Android Q.

Nokia 2.2 menjalankan OS Android 9.0 Pie, yang didalamnya sudah disediakan fitur andalan seperti Digital Wellbeing, hingga Adaptive Battery dan Adaptive Brightness. Smartphone ini punya baterai sebesar 3000 mAh.

Harga dan Spesifikasi Nokia 2.2

Harga99 Euro (sekitar Rp 1,5 jutaan)
Sistem OperasiAndroid 9.0 Pie
Dimensi145.96 x 70.56 x 9.3 mm
Berat153 gram
LayarIPS 5.71 inch, resolusi HD+, ratio 19:9
ProsesorQuad-core, MediaTek Helio A22
GPUPowerVR GE8320
RAM2GB/3GB
Memori Internal16GB/32GB
MicroSDYa, hingga 400GB
Kamera Belakang13MP, aperture f/2.2, pixel size 1.12um, Autofocus, LED flash
Kamera Depan5MP
Fitur KameraHDR, Panorama, Low Light enhancement, Time Lapse, Beautification, Google Lens, AI
Koneksi4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth 4.2, microUSB, USB OTG, GPS, jack audio 3.5mm
SensorAccelerometer, Proximity sensor, Ambient light sensor
Fitur LainFace unlock, Xpress-on cover
SIMDual SIM
Baterai3000 mAh
Pilihan WarnaSteel, Tungsten Black

  Review + Giveaway Headphone Bluetooth!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.