via CNET

Meski Amerika Serikat telah membuka kembali ‘kran’ perdagangan dengan Huawei, tapi Huawei masih tetap menyiapkan pengganti sistem operasi Android. Akan tetap dihadirkan?

Seorang sumber yang mengetahuinya mengatakan Huawei saat ini tengah mencoba sistem operasi buatan Huawei, yang dikabarkan bernama Hongmeng, pada sebuah smartphone baru. Smartphone baru ini diduga adalah Huawei Mate 30.

Baca juga:

Kendati begitu ia tak mengatakan apakah sistem operasi baru buatan Huawei ini memang benar-benar dinamakan Hongmeng ataupun Ark OS seperti yang diberitakan atau tidak.

Dikatakan pula sistem operasi ini akan diluncurkan bersamaan dengan Huawei Mate 30. Tapi hingga kini belum ada kabar kapan Huawei akan meluncurkan Huawei Mate 30.

Sebelumnya, CEO Huawei, Richard Yu pernah mengatakan pihaknya akan meluncurkan sistem operasi buatan Huawei pada kuartal ke-4 2019 untuk pasar di Tiongkok dan kuartal ke-1 2020 mendatang secara global.

Sistem operasi buatan Huawei ini dipersiapkan untuk mengurangi ketergantungan dengan Android, sekaligus sebagai persiapan jika Amerika Serikat kembali melakukan embargo ke Huawei.

Seperti yang kita ketahui, Amerika Serikat telah sepakat untuk mencabut aturan sanksi perdagangan ke Huawei. Hal ini dikatakan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump pekan lalu. Dengan demikian, seluruh perusahaan di Amerika Serikat boleh memasok software dan hardware ke Huawei.

Tapi terkait dengan Android, jawaban dari Amerika Serikat masih menggantung. Huawei kini sedang menunggu konfirmasi kembali dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat untuk kembali memakai Android.

via Huawei Central

  Laptop Paling Canggih..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.