Kabar ini akan mengecewakan buat kamu para Mi Fans ataupun penyuka smartphone Android polosan seperti saya. Smartphone Android One terbaru Xiaomi, Mi A3 dikabarkan tidak masuk ke Indonesia.

Kabar ini muncul setelah cuitan yang dikirim Xiaomi Indonesia di akun Twitter saat membalas pertanyaan yang dikirim seseorang.

Baca Juga:

“Mi A3 tidak dirilis di Indonesia. Namun, saat ini Xiaomi sedang menyiapkan produk-produk menarik lainnya yang akan datang dalam waktu dekat! Nantikan pemberitahuan produk terbaru kami,” tulis Xiaomi Indonesia di akun Twitter @XiaomiIndonesia.

Banyak yang kecewa Xiaomi tak menghadirkan Mi A3 di Indonesia. Dengan demikian, smartphone Android One Xiaomi yang paling baru dan bergaransi resmi di Indonesia hanya ada Mi A2, dan Mi A2 Lite.

Belum diketahui apa penyebab Xiaomi tak memasarkan Mi A3 di Indonesia. Diduga spesifikasi yang rendah namun harga yang kelewat mahal menjadi penyebabnya. Sekedar info saja, varian termurah Mi A3 yakni dengan memori 64GB dan RAM 4GB dijual di Eropa seharga 249 Euro atau sekitar Rp 3,9 juta.

Mi A3 sendiri tampil dengan layar Super AMOLED sebesar 6.01 inch beresolusi HD+, prosesor octa-core Snapdragon 665 berkecepatan 2.0GHz, RAM 4, dan memori 64GB/128GB.

Kamera belakangnya ada tiga, yang terdiri dari kamera utama beresolusi 48MP, lensa wide angle 8MP, dan sensor depth 2MP. Untuk kamera depannya beresolusi 32MP. Smartphone ini menggunakan OS Android 9.0 Pie dengan baterai 4030 mAh.

Sebagai smartphone Android One, Mi A3 tidak menggunakan antar muka MIUI seperti smartphone Android Xiaomi kebanyakan. Tampilannya polos dan tanpa kustominasi, sama seperti smartphone Google Pixel ataupun smartphone Android dari Nokia. Namun Android One menjanjikan update software yang terjamin dengan dukungan 2 kali update major.

Spesifikasi Mi A3 ini sebenarnya agak mirip-mirip dengan Redmi Note 7. Meski Redmi Note 7 kalah di chipset yang baru, jumlah kamera dan sensor sidik jari di layar, tapi dengan selisih harga mencapai Rp 1 juta untuk varian RAM 4GB dan memori 128GB ini Xiaomi sepetinya sudah meyakini konsumen akan lebih memilih Redmi Note 7 dibanding Mi A3.

Gimana komentar kamu?

  Selamat Jalan Android Q  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.