via GadgetMatch

Skin Android milik Huawei yakni EMUI 10 yang berbasis Android Q sudah diresmikan pada 9 Agustus lalu, tapi hinga saat ini belum ada informasi mengenai kapan perilisan dari skin Android tersebut. Tapi, tahap uji beta EMUI 10 dijadwalkan akan berlangsung selama bulan September nanti di beberapa seri perangkat Huawei dan Honor.

Baca juga:

Nah, buat kamu pengguna Huawei dan masih penasaran dengan EMUI 10, hari ini DroidPoin punya detail apa saja hal baru yang akan kamu temui di EMUI 10:

via Neowin

Hal yang paling banyak dirombak ada dibagian UX, dimana ada perubahan pada beberapa bagian yang cukup vital seperti always-on display, desain majalah di sebagian besar aplikasi (Notepad, Settings, Calendar dan lain-lain), Morandi color pallette, dark mode, dan animasi yang lebih ringan.

via Neowin

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas, pada bagian always-on display ada semacam karakter tambahan tepat dibagian bawah kapasitas baterai dan Huawei menjelaskan jika nantinya warna karakter tersebut bisa berubah seiring berjalannya waktu. Tapi sayangnya, fitur always-on display milik Huawei cuma tersedia pada perangkat yang menggunakan layar OLED, jadi gak semua perangkat bisa menikmati fitur ini.

via Neowin

Selanjutnya ada desain majalah di sebagian aplikasi (kita ambil contoh di aplikasi Notepad). Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas, kini tampilan jadi jauh lebih menarik karena lebih bersih dan ada headline serta juga gambar, tujuannya agar pengguna lebih mudah untuk mencari catatan yang mereka tulis dan hal ini akan lebih mantap karena di EMUI 10 ada system-wide dark mode yang mana membuat berbagai aplikasi bisa menerapkan tema gelap.

via Neowin

Lalu ada juga perubahan perubahan dibagaian warna dimana mereka menggunakan tema warna milik Morandi. Buat kamu yang belum tahu nih, Georgio Morandi adalah seorang pelukis asal Italia pada akhir era 1800, dan sebagain besar warna yang diterapkan pada EMUI 10 terinspirasi dari lukisan miliknya.

Mungkin itu sebagian besar perubahan dibagian UX, sebenarnya masiha ada beberapa perubahan lain seperti dukungan adaptive icon yang mana kini membuat ikon pada ponsel kamu kotak dengan sudut yang membulat, lalu ada juga juga perubahan di UI kamera yang kini terlihat jauh lebih simpel dan berbagai hal lain.

via Neowin

Selanjutnya kita beralih ke bagaian AI dan pada bagian ini Huawei tidak menjelaskan secara detail apa saja peningkatan yang diberikan hanya mereka menyampaikan bahwa ada peningkatan AI yang lumayan signifikan pada EMUI 10, termasuk dukungan AI pada fitur Multi-screen collaboration yang mana memungkinkan kamu untuk menghubungkan antara PC dan perangkat Huawei dengan lebih mudah (kamu bisa mengoperasikan ponsel dari PC).

via Neowin

Untuk sisanya Huawei menjelaskan jika EMUI 10 ini juga akan memiliki semacam animasi ketika kamu akan membuka aplikasi dan juga sudah mendukung GPU Turbo 3.0, yang memungkinkan kamu berinteraksi dan beralih antar aplikasi dengan lebih cepat. Jadi, walaupun nantinya ada semcam animasi yang akan memperlambat dalam membuka aplikasi, tapi dengan adanya dukungan GPU Turbo 3.0, membuat hal tersebut tidak begitu terasa.

Mari kita nantikan saja bersama bagaimana kemampuan dari EMUI 10 yang sesungguhnya ketika sudah dirilis ke publik dan silakan sampaikan pendapatmu di kolom komentar.

  Banyak yang Bingung Milih Hape Ini  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.