Saat ini kebutuhan gadget bisa dibilang menjadi kebutuhan primer, apalagi sekarang ini banyak brand juga jor-joran mengeluarkan smartphone di segmen low-end, jadi makin banyak smartphone murah tetapi dilengkapi CPU atau RAM dan Storage yang mumpuni untuk bisa mendongkrak performa smartphone tersebut. Murah dan performa gahar inilah yang dicari oleh orang kebanyakan pada saat ini, dimana dengan harga minimal kalian berharap mendapat pengalaman yang maksimal.

Jika membahas performa, kurang afdol rasanya jika kita tidak membahasnya dengan game, apalagi banyak game bisa menjadi sebuah barometer apakah smartphone ini layak untuk bersaing di pasaran. Tetapi ada juga yang belum mengerti bagaimana sebuah smartphone sebenarnya bisa di “doping” untuk ditingkatkan lagi performanya. Jadi buat kamu yang merasakan lag saat bermain game, berikut beberapa cara mengatasi HP lemot / lag saat bermain game:

1. Aktifkan fitur Game Booster

Game berat banyak menjamur sekarang ini dan pastinya pihak vendor juga mengevolusi gadgetnya agar bisa memainkan game tersebut dengan smooth. Akhirnya banyak vendor menanamkan fitur Game Booster ini untuk mengoptimalkan kinerja CPU dan RAM saat HP digunakan untuk bermain game. Jadi bisa dikatakan bahwa performa smartphone semua dicurahkan hanya untuk game yang kita mainkan tersebut. Jika di smartphone kalian sudah ada fitur Game Booster, pastikan mengaktifkannya saat bermain game. Atau jika masih belum ada, kalian bisa juga mencoba beberapa aplikasi game booster pihak ketiga yang ada di Google Play Store.

2. Bersihkan RAM & Storage

Untuk makin membuat ngebut Smartphone kalian, Cobalah untuk membersihkan RAM sebelum memainkan game, karena bisa jadi banyak slot RAM yang terpakai untuk cache aplikasi yang kalian buka sebelum bermain game. Dengan begitu RAM bisa lebih kosong dan maksimal untuk bermain game. Selain itu jika hape kalian sudah kepenuhan, ini bisa berpengaruh juga terhadap performa gaming. Jadi pastikan juga masih ada ruang kosong yang cukup di smartphone dengan membersihkan file atau media yang sudah tidak berguna.

3. Hapus Aplikasi yang jarang dipakai

Salah satu tips lagi yaitu hapuslah aplikasi yang memang gak pernah atau jarang banget kalian pakai supaya tidak menghabiskan resource RAM ataupun Storage. Terkadang ada satu atau 2 aplikasi yang kita install sebelumnya sudah tidak pernah kita gunakan lagi, jadi daripada menuh-menuhin smartphone dan bikin HP jadi lambat, alangkah bijak kalau kita menyisakan aplikasi yang kita butuhkan saja dan menghapus aplikasi yang sudah gak pernah atau jarang banget kalian pakai.

4. Atur setting yang cocok

Di setiap game pasti ada settingan grafis yang bisa diatur seusai dengan yang kita inginkan. Apabila settingan default dari game tersebut dirasa berat, kalian bisa mengatur sendiri settingan tersebut hingga dirasa cukup untuk bermain game tersebut. Untuk settingan sendiri kalian bisa mengatur rata kiri semua supaya kinerja CPU bisa maksimal hanya untuk performa tapi sebaliknya tampilan dari grafis game itu akan mengurangi pengalaman game tapi jika memang ingin memaksimalkan performa sebaiknya kualitas grafis dikurangi saja karena yang kita butuhkan bukan cuman grafis yang bagus, tetapi juga performa yang lancar.

5. Oprek Hape Kalian

Jika 4 tips singkat diatas masih belum bisa mengatasi lemot / lag saat digunakan untuk bermain game, kamu bisa mencoba oprek aja hapenya. Oprek yang seperti apa..?? Kamu bisa root lalu hapus berbagai bloatware yang mungkin bikin hape kamu lemot. Terkadang beberapa hape ada yang menanamkan fitur atau aplikasi bloatware yang tidak kita butuhkan, tetapi berjalan secara background dan menghabiskan resource. Tetapi sebelum melakukan root, pastikan kamu tahu dulu keuntungan dan kerugian lain ketika melakukan root.

Cara lainnya kamu juga bisa ganti ROM bawaan dengan custom ROM. Beberapa custom ROM jauh lebih ringan dibandingkan ROM bawaan dari beberapa brand yang berisi banyak bloatware dan background process. Dengan ROM yang lebih langsing ini resource hape kamu bisa lebih maksimal untuk digunakan bermain game.

Oke itu beberapa cara mengatasi HP lemot / lag saat bermain game. Jadi gak perlu buru-buru beli smartphone baru, maksimalkan aja apa yang ada dulu. Siapa tahu tips diatas bisa mengurangi lag dan lemot di smartphone kamu saat bermain game. Punya tips lainnya..?? Silakan tulis aja di kolom komentar.

  Duel Klasik VIVO vs OPPO..!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.