via XDA-Developer

Saat ini, Oppo mungkin merupakan OEM yang paling terdepan kalau untuk urusan inovasi kamera, pasalnya mereka sedang mencoba kamera yang berada di bawah layar. Jadi, entah bagaimana caranya, mereka sudah berhasil menempatkan kamera termasuk sensor lainnya di bawah layar smartphone (tanpa harus menggunakan layar punch-hole), dan hasilnya terbilang cukup baik.

Baca juga:

Jika Oppo menggunakan teknik menyembunyikan kamera di bawah layar (sehingga semua sensor tidak terlihat), maka beda halnya dengan OnePlus. Berdasarkan informasi terbaru dari CES 2020, OnePlus saat ini sedang mengembangkan sebuah kamera yang bisa disembunyikan dengan memakai semacam teknik transparansi. Jadi, kamera pada konsep ponsel milik OnePlus sesungguhnya memang tak nampak (tersembunyi), namun ketika kamera tersebut dibutuhkan oleh pengguna, maka nantinya kamera tersebut baru akan terlihat.

Bingung yah? Lebih baik kamu cek video berikut ini:

Gimana, keren bukan? Pada dasarnya, tujuan dari konsep ponsel milik OnePlus ini masih sama seperti milik Oppo yakni sama-sama untuk menyembunyikan kamera. Namun, karena OnePlus menggunakan teknologi yang bernama “electrochromic glass”, maka hal tersebut memungkinkan mereka untuk memunculkan sensor kamera ketika dibutuhkan (misalnya: ketika menggunakan aplikasi kamera) dan kembali menyembunyikannya ketika tidak digunakan.

Hal ini terinspirasi dari McLaren 720S dan berbagai supercar lain yang memiliki sunroof. Dimana pada bagian sunroof tersebut kita bisa mengatur tingkat transparansinya (segimana kamu ingin cahaya masuk menerangi mobilmu) dengan mengubah arus dan tegangannya. Nah, teknolgi inilah yang dinamai sebagai electrochromic glassjadi jangan anggap ini teknologi baru yah, hanya saja penerapan teknologi ini pada perangkat smartphone baru dimulai pada konsep smartphone milik OnePlus.

So, gimana tanggapan kamu akan hal ini? Silakan sampaikan pendapatmu di kolom komentar. 😁

  Unboxing REDMI 9 Indonesia yang LAGI HOT..!! 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.