via Japan Bullet

Android 10 sudah dirilis ke sebagian besar ponsel Android yang ada saat ini dan bukannya DroidPoin ingin meremehkan kemampuan Google dalam urusan pengembangan software. Tetapi, ada beberapa sektor yang harus Google segera perbarui dan tampaknya itu harus hadir setidaknya di update Android 11.

Berikut ini adalah daftar 6 fitur yang harus Google hadirkan ketikan Android 11 dirilis nanti:

1. Fast Share

Google sudah tak bisa menyembunyikannya lagi, ada banyak sekali informasi mengenai fitur transfer file terbaru yang tengah mereka kembangkan saat ini. Bahkan baru-baru ini, ada informasi mengenai cara kerja dari fitur bernama Fast Share tersebut. (Baca: Seperti Inilah Cara Kerja dari Fitur Fast Share “Air Drop” di Android)

Harapan dari DroidPoin, Google tak perlu lagi menunggu hingga Android 11 dirilis untuk bisa menghadirkan fitur ini (toh berjalan dengan lancar di Android 10) apalagi jika harus membatalkannya seperti kasus Screen Recorder beberapa waktu lalu.

Jika hal ini berhasil, maka bisa dipastikan Google berhasil memangkas gap antara Android dengan iOS yang selama ini terlampau cukup jauh karena masalah transfer file antar perangkat.

2. Screen Recorder

via 9to5Google

Sama halnya dengan fitur transfer file bernama Fast Share, Android cukup tertinggal dalam urusan rekaman layar karena sejak era iOS 11, Apple sudah mengimplementasikan fitur tersebut ke berbagai perangkatnya.

Walaupun sebenarnya Google sudah menambahkan fitur screen recording di Android 10 sedari versi beta, namun kenyataannya fitur tersebut tak juga muncul di versi publik.

Mudah-mudahan, dengan dirilisnya Android 11 sekitar Q3 2020, Google berubah pikiran dan akan menerapkan fitur ini ke perangkat miliknya dan juga yang menggunakan OS Android One, karena beberapa kustomisasi skin Android seperti milik Samsung dan Xiaomi sudah memiliki screen recording tersendiri.

3. Dark Theme Otomatis

Dengan dirilisnya Android 10, Google sudah menerapkan system-wide dark mode ke berbagai perangkat Android. Hal ini memungkinkan user bisa menerapkan tema gelap bukan hanya di sistem, tetapi juga hingga ke aplikasi.

Nah, di Android 11 nanti tampaknya dark theme sudah bisa kamu aktifkan secara terjadwal (mulai dari tenggelamhingga terbitnya matahari) seperti pada One UI milik Samsung.

4. Optimized Charging

Baterai lithium-ion memiliki umur yang terbatas, maka dari itu pengisian hingga penuh (100%) dapat mempersingkat daya tahan (umur) dari baterai tersebut. Nah, maka dari hal itu beberapa produsen Android seperti OnePlus mulai menerapkan fitur sejenis optimalisasi charging.

Fitur tersebut akan membuat ponsel kamu di charge dengan kecepatan penuh hingga ke angka 80% dan setelah mencapai angka tersebut, ponsel akan memprediksi seberapa besar kamu memerlukan daya.

Misalkan kamu melakukan charge di pagi hari, maka ponsel milikmu nantinya akan memprediksi bahwa kamu memerlukan daya penuh (sehingga ponsel akan mengisi dayanya hingga 100%). Namun jika kamu mengisi daya ponsel di sore atau malam hari, maka ponsel akan memberikan kamu daya sekitar 80% saja.

Jadi, hal ini tergantung dari kebiasaan menggunakan ponsel kamu sehari-hari.

5. Scrolling Screenshot

via XDA-Developer

Google terkadang kurang peduli dengan fitur-fitur sepele seperti scrolling screenshot, padahal fitur ini cukup penting jika seandainya layar ponsel kamu tak cukup untuk meng-cover kalimat atau gambar yang jauh lebih luas dari layar ponselmu.

DroidPoin harap di Android 11 nanti, Google mampu menghadirkan fitur ini ke ponsel dengan stock Android dan juga beberapa yang menjadi bagian dari program Android One, karena beberapa OEM sudah menerapkan fitur ini ke ponsel mereka.

6. Konektivitas Bluetooth dalam mode Airplane

Review Xiaomi Mi Sports: Earphone Bluetooth Terbaik Dibawah 500 Ribu

Ini adalah fitur yang hampir pasti hadir di Android 11, dimana kamu bisa tetap terhubung ke perangkat bluetooth yang kamu gunakan walaupun kamu berada dalam mode airplane.

Tentu saja fitur ini akan sangat membantu, karena kamu tak perlu lagi mengkoneksikan perangkat yang tadinya sudah terhubung hanya karena kamu mengaktifkan mode airplane.

Jadi gimana pendapatmu tentang fitur yang harus tersedia di Android 11 yang baru saja DroidPoin sampaikan? Apakah kamu setuju, atau kamu punya pendapat lain? Sampaikan langsung di kolom komentar yah!

  TERBARU! Unboxing vivo V20 dan vivo V20 SE Indonesia!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.