Siapa yang tidak mengenal Antutu? Aplikasi benchmark paling populer di Android sejak bertahun-tahun silam. Begitu eratnya dengan Android sampai-sampai ada kaum Antutudiyah yang menjunjung tinggi nilai Antutu (ehm). Namun menjadi populer bukan berarti selalu berjaya. Google mendadak menghapus Antutu dari Play Store.

image via Android Police

Ada tiga aplikasi yang menjadi korban yaitu Antutu 3DBench, Antutu Benchmark, dan Altutu Benchmark. Berdasarkan layanan analisis App Brain, perbaruan yang terakhir diberikan pada tanggal 13 Februari. Tidak jelas kapan tepatnya aplikasi tersebut hilang dari Play Store. Namun penyebab kenapa Antutu dihapus cukup jelas, Antutu dimiliki oleh Cheetah Mobile.

Beberapa pekan lalu Google menyapu bersih semua aplikasi dari Cheetah Mobile di Play Store karena masalah privasi. Sebagai bagian dari CM, tentu saja Antutu juga kena tilang. Di halaman Antutu juga menghapus link mendownload melalui Play Store dan digantikan oleh direct link untuk mengunduh aplikasi mereka.

Saya pribadi sudah tidak menggunakan Antutu sejak memecah aplikasinya. Untuk pengujian benchmark saya memilih Geekbench. Bagaimana denganmu? Dengan hilangnya Antutu dari Play Store, aplikasi benchmark apa yang sering kamu gunakan? Bagikan di sini ya!

UPDATE: Respon dari AnTuTu

“Kami menerima email pemberitahuan dari Google pada tanggal 7 Maret yang memberi tahu kami bahwa AnTuTu adalah salah satu akun penerbit terkait Cheetah Mobile, semua aplikasi AnTuTu dihapus dari Play Store. Namun pada kenyataannya, Kami pikir ada beberapa kesalahpahaman tentang itu. Antutu BUKAN akun terkait Cheetah Mobile !!

AnTuTu didirikan pada 2011, bahkan sebelum Cheetah Mobile, dan merupakan salah satu pengembang Google Play paling awal. Cheetah Mobile berinvestasi pada kami di sekitar tahun 2014 dan menjadi salah satu pemegang saham kami sejak saat itu. Namun, kami masih menyimpan banyak akun saham dan operasi Independen perusahaan serta akun Google Play independen kami sendiri. Cheetah Mobile belum pernah menyentuh akun Google Play kami, dan AnTuTu belum melakukan promosi perangkat lunak Cheetah Mobile.

Kami percaya bahwa alasan salah penilaian Google adalah karena kami membeli dan menggunakan layanan hukum dari Cheetah Mobile, sehingga tautan kebijakan privasi kami menggunakan alamat cmcm.com. Ini yang sedang kami kerjakan, termasuk mengganti pemasok legal.

Mengenai Fu Sheng sebagai ketua / manajer Beijing AnTuTu Technology Co., Ltd., ini karena persyaratan dari para investor. Bahkan, banyak perusahaan Cina memiliki persyaratan seperti itu ketika berinvestasi. Ketika saham mencapai persentase tertentu, investor akan memerlukan perubahan dalam dokumen pendaftaran pemerintah. Perusahaan ini sebenarnya dioperasikan oleh Beijing AnTuTu Technology Co, Ltd Cabang Henan. (https://www.tianyancha.com/company/3222572910), dan Fu Sheng tidak benar-benar berpartisipasi dalam operasi atau manajemen AnTuTu. Bagaimanapun, kami telah memberi tahu investor Cheetah Mobile meminta mereka untuk menyelesaikan masalah yang disebabkan oleh mereka.

Kami berharap Google dapat memeriksa akun AnTuTu dengan hati-hati dan akhirnya menyelesaikan kesalahpahaman ini sesegera mungkin.”

Thanks to Ersa Christian for the tip

via Android Police

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.