Selama ini smartphone Android dari Nokia dikenal juga dengan smartphone Android One. Logo Android One dipasang di smartphone mereka. Tapi yang kita lihat kemarin ada yang berbeda.

Ya, di smartphone baru Nokia yang dirilis pekan lalu, kita tak menemukan logo Android One pada bodi belakang smartphone. Hal ini menjadi sebuah pertanyaan di beberapa kalangan, apakah HMD Global keluar dari program Android One?

Baca juga:

Chief Product Officer HMD Global, Juho Sarvikas menjawab pertanyaan tersebut. Ia mengakui menanggalkan logo Android One pada smartphone Nokia baru mereka.

Juho mengatakan, HMD tidak lagi memasang logo branding Android One di smartphone Nokia dengan alasan untuk menjaga estetika smartphone. Sehingga pengguna ataupun konsumen hanya akan melihat satu logo saja, yakni logo Nokia.

Meski tidak ada logo Android One lagi dalam smartphone baru mereka, Juho menegaskan HMD Global masih mengikuti program Android One. Logo Android One juga masih terpasang pada halaman smartphone Nokia yang baru dirilis, seperti Nokia 8.3 5G, ataupun Nokia 5.3.

Hal tersebut sekaligus menandakan, smartphone Android Nokia 8.3 5G dan Nokia 5.3 memang masih tergabung dalam keluarga Android One.

Android One sendiri merupakan program dari Google kepada beberapa pembuat smartphone, untuk dapat menghadirkan smartphone Android dengan jaminan software yang stabil. Karenanya, smartphone Android One tampil ‘polos’ tanpa bloatware ataupun aplikasi tambahan dari pihak ketiga.

Salah satu yang juga menjadi keunggulan smartphone Android One adalah rutin mendapat pembaruan atau update software. Umumnya smartphone Android One mendapatkan hingga dua kali update major, serta update patch keamanan hingga 3 tahun.

Selain Nokia, beberapa produsen smartphone lain yang turut serta di Android One diantaranya adalah Xiaomi, Motorola, HTC, dan LG.

via NPU

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.