via Newsvoice

Huawei cukup terdampak pelemahan pasar smartphone karena imbas pandemi COVID-19, serta blacklist dari Amerika Serikat. Namun alih-alih Huawei tenggelam, kondisi saat ini justru malah sebaliknya.

Dari riset yang dilakukan firma Counterpoint, Huawei sukses mengalahkan Samsung dalam persaingan pasar smartphone global di bulan April 2020. Ya, Huawei kini memimpin pasar smartphone dunia.

Baca juga:

Neil Shah, Vice President Research Counterpoint mengatakan, Huawei mendapatkan pangsa pasar smartphone dunia sebesar 19%. Sedangkan Samsung, hanya mendapatkan pangsa pasar sebesar 17% dalam periode yang sama.

Penjualan smartphone Huawei yang lebih banyak ini didasari oleh sejumlah faktor. Pertama ada rasa patriotik masyarakat Tiongkok untuk membeli Huawei, terlebih setelah Huawei masuk dalam daftar entitas embargo perdagangan Amerika Serikat yang membuat smartphone Huawei tak memiliki aplikasi dan layanan Google.

Penjualan smartphone Huawei di Tiongkok juga masih menjadi yang tertinggi. Sementara itu, saat ini Tiongkok perlahan mulai membuka aktivitas ekonomi setelah penerapan lockdown imbas pandemi virus corona. Hal ini turut memicu orang untuk membeli smartphone.

Kondisi berbeda didapat Samsung. India yang menjadi salah satu negara pangsa pasar terbesar Samsung menerapkan lockdown, yang membuat produksi ponsel tergganggu, hingga penjualan smartphone yang ‘seret’. Hal serupa juga terjadi di pasar penting Samsung seperti Amerika Serikat, dan Amerika Latin.

Smartphone Huawei saat ini harus tak dilengkapi dengan aplikasi dan layanan Google, termasuk Play Store. Hal ini lantaran Amerika Serikat meminta perusahaan yang berbasis di AS untuk memutus hubungan dagang dengan Huawei.

Tak sedikit prediksi yang menyebut penjualan smartphone Huawei akan menurun karena tak punya aplikasi dan layanan Google, apalagi tak punya Google Play Store. Namun Huawei sepertinya bisa membuktikan, mereka bisa bertahan meski tanpa aplikasi Google.

Kalau menurut kamu, apa yang membuat Huawei menjadi posisi teratas ini?

via Gizmochina

  Jadi Ini SMARTWATCH TERBAIK Dibawah 2 Juta..?? 🔥🔥  

BELI GADGET MURAH DISINI AJA

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.