Beralihnya aplikasi dari 32 bit ke 64 bit pada toko aplikasi Google Play Store pada tahun depan, seakan memaksa Google untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Termasuk aplikasi browser mereka, Chrome.

Google kini tengah mengembangkan pembaruan aplikasi Chrome untuk Android. Nantinya Chrome untuk Android ini akan mendukung sistem arsitektur 64-bit yang ada di smartphone ataupun tablet Android.

Baca juga:

Chrome 64-bit ini akan mulai ada pada Chrome 85, hanya saja pengguna harus menggunakan sistem operasi Android 10, dan dalam pembaruan nantinya secara otomatis akan mendapatkan versi 64-bit.

Hal ini diketahui dari halaman chrome://version, yang menunjukan versi stabil dan versi beta saat ini, Chrome versi 83 dan 84 tertera masih bertuliskan 32-bit. Sedangkan pada Chrome Dev dan Chrome Canary dengan versi rilis 85 dan 86, sudah menggunakan 64-bit.

Chrome 83 Stable dan 84 Beta yang Masih 32-bit – via Android Police
Chrome 85 Dev dan 86 Canary yang Sudah 64-bit – via Android Police

Peningkatan ini sekaligus membawa peningkatan performa yang lebih ngegas. Kalau diuji dengan benchmark Octane 2.0, skor yang dihasilkan Chrome 64-bit lebih dari 1000 poin lebih tinggi dibandingkan versi 32-bit. Skor ini cukup menjadi gambaran performa browser yang naik signifikan.

Skor Octane Chrome 32-bit (kiri) dan 64-bit (kanan) – via Android Police

Setelah melewati berbagai pengujian, Chrome 85 nantinya dijadwalkan dirilis pada Agustus 2020.

Sesuai dengan peraturan baru Google Play Store, nantinya seluruh pengembang harus menyediakan aplikasi 32-bit dan 64-bit di Play Store. Nantinya, smartphone ataupun tablet yang mendukung 64-bit akan secara otomatis mengunduh aplikasi 64-bit.

Namun pengembang aplikasi masih diwajibkan untuk menyediakan aplikasi 32-bit, yang diperuntukan bagi perangkat yang tak mendukung sistem 64-bit.

SIstem komputasi 64-bit di Android pertama kali ada sejak meluncurnya Android 5.0 Lollipop pada 2014. Saat ini kita sudah banyak menemukan, bahkan hampir seluruh perangkat Android baru sudah mendukung 64-bit.

Kita nantikan saja ya guys..

via Android Police

  Smartwatch Terbaik dari Huawei..!! Huawei Watch GT 2 Pro Indonesia Unboxing + Review Singkat! πŸ”₯πŸ”₯  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.