Untuk mempelajari suatu instrumen musik sangatlah menyita waktu kita, belum lagi teori-teori musik yang banyak banget dan pastinya akan bikin sakit kepala kamu. Tetapi dengan kecanggihan teknologi sekarang, pastinya akan mempermudah kamu untuk mempelajari suatu instrumen musik terlebih lagi gitar. Ya gitar merupakan alat musik yang gampang dipelajari, tetapi sedikit rumit ketika kita belajar melodi misalnya, dengan ada nya aplikasi-aplikasi ini akan mempersingkat waktu kamu untuk mempelajari segala sesuatu tentang gitar. Apa aja aplikasinya?, langsung saja kita ke listnya:

1. Yousician

Untuk pembukaan di list ini ada aplikasi bernama Yousician. Aplikasi ini benar-benar user friendly untuk kamu pake , ya jika kamu pernah memainkan game guitar hero ketika di konsol PS2 tampilan Yousician pun mirip dengan game guitar hero, bedanya jika yousician ini seperti tablature dan kamu bisa memainkan lagu langsung dengan tablature dari Yousician ini. Database lagu di Yousician ini pun sangat banyak dan juga terdiri dari berbagai genre, jika kamu suka rock ada, suka genre Blues ada, atau punk juga ada pokoknya lengkap dah. Download Yousician.

2. JustinGuitar

Di list nomor 2 ada JustinGuitar. JustinGuitar ini diciptakan oleh Justin Sandercoe, dan si Sandercoe ini juga merupakan pelatih gitar yang terkenal di luar negeri sana, yang pasti aplikasi ini diciptakan berdasarkan pengalaman dia yang menjadi pelatih dari tahun 2001. Ya aplikasi ini bisa dibilang kamu bisa belajar secara privat kepada Justin Sandercoe ini, kamu bisa menentukan style bermain kamu, genre apa yang kamu sukai, dsb. Oh ya untuk kamu yang pemula ketika bermain gitar aplikasi ini cocok banget dengan kamu loh, karena nantinya ada kelas-kelas untuk pemula jadi ya kayak les privat gitu, dan aplikasinya gratis. Udah dapet les privat tambah lagi aplikasi gratis benar-benar recommended untuk kamu. Download Justin Guitar.

3. Fret Trainer

Jika kamu udah level medium aku rekomendasikan aplikasi Fret Trainer ini. Aplikasi ini benar-benar bermanfaat jika kamu sudah bisa dasar-dasar dari gitar tersebut, di aplikasi ini kamu akan belajar nada-nada dari setiap kunci nada di setiap fret, jadi bisa dibilang kalau kamu sudah belajar dasar gitar dan ingin maju ke tahap selanjutnya aplikasi ini menjadi yang terbaik untuk kamu pelajari. Nada memang menjadi salah satu hal terpenting ketika belajar instrumen, dan jika kamu sudah bisa otomatis kamu akan bisa memainkan nada entah itu sesuai pattern atau improvisasi. Gimana tertarik? langsung download disini ya Fret Trainer.

4. Fender Play

Kalau JustinGuitar kamu belajar secara privat, di aplikasi ini malah sebaliknya, akan ada banyak expert yang bisa kamu pilih sesuai style yang kamu mainkan. Fender memang dikenal sebagai salah satu produsen gitar paling laris, Fender sendiri mempunyai kompetitor sengit yaitu Gibson tetapi sayang Gibson sudah bangkrut beberapa tahun lalu dan sekarang Fender lah pemimpin industri gitar. Jelas dengan nama besar Fender dan relasinya akan menarik nama-nama besar untuk menjadi expert dalam pengajarannya, tentu ada harga yang sedikit mahal untuk bisa menikmati aplikasi ini tetapi menurut aku worth-it untuk kamu coba. Kekurangan Fender Play ini belum ada di Indonesia, mungkin kamu bisa memakai VPN untuk bisa menikmati aplikasi ini. Download Fender Play.

5. Amped

Di list terakhir ada Amped. Interface dari Amped ini amat mirip dengan Yousician, dimana tampilannya khas seperti guitar hero cuma yang menjadi pembeda adalah aplikasi menggunakan metode Augmented Reality dimana kamu bisa mendengarkan dari apa yang dipelajari dengan permainan kamu dengan menggunakan headset. Jadi akan ketahuan kesalahan nya ada dimana dan kamu juga bisa memainkan beberapa amplifier dan efek gitar di aplikasi ini tanpa harus kamu membeli amplifier dan efek gitar tersebut!. Ditambah dengan sistem Augmented Reality ini kamu bisa secara langsung mengoreksi dimana kesalahan-kesalahan permainan kamu, wah menarik sekali ya aplikasi amped ini. Untuk download aplikasi ini belum tersedia di play store jadi kamu harus download dari official website amped. Download Amped.

Oke itu tadi aplikasi yang bisa menunjang kamu untuk mempelajari instrumen musik khususnya gitar. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu ya, jika ada aplikasi atau game yang ingin di review langsung komentar di kolom di bawah ya, terima kasih!.

  Hobi Baca Wajib Punya..!! Unboxing Onyx BOOX Poke2 Indonesia + Review Singkat 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.