via Beebom.com

KaiOS, sistem operasi yang mengubah ponsel ‘bodoh’ alias ponsel fitur menjadi lebih pintar kini kedatangan fitur baru dari Google. Fitur Google Lens siap dinikmati oleh para pengguna ponsel fitur KaiOS.

Google Lens pada KaiOS ini terintergrasi dalam Google Assistant. Google Lens ini berfungsi layaknya fitur yang sama dengan yang kita temukan di Android.

Baca juga:

Ya, pengguna bisa menerjemahkan, mengubah teks menjadi suara atau text-to-speech, atau mencari sebuah kata atau teks ke Google Search dengan memindai tulisan yang ada di sekitar (seperti label produk, marka petunjuk jalan, dokumen, dan lainnya).

via Google

Untuk mengaktifkannya, pengguna hanya perlu masuk ke Google Assistant dengan menekan tombol tengah beberapa saat, dan menklik ikon kamera.

Namun, fitur ini baru tersedia di India saja. Google Lens ini bisa digunakan dalam bahasa Inggris, dan beberapa bahasa India yang meliputi Hindi, Bengali, Telugu, Marathi dan Tamil. Nantinya bahasa lain seperti Kannada dan Gujarati akan ditambahkan.

India sendiri merupakan negara dengan penyumbang pengguna KaiOS terbanyak di dunia. Maka tak heran, cukup banyak perangkat ponsel dengan KaiOS yang dijual di India. Di Indonesia, ponsel KaiOS bisa kita temukan pada Advan Hape Online 2406.

Selain Google Lens, Google lebih dulu membawa YouTube, Google Maps, hingga Google Assistant ke sistem operasi ini. Diboyongnya aplikasi Google ke KaiOS tak lepas dari investasi Google sebesar 22 juta Dolar AS pada 2018 lalu.

Aplikasi Google tersebut kian memperkaya ekosistem KaiOS. Pengguna ponsel ini sebelumnya sudah bisa menggunakan Facebook serta WhatsApp.

Semoga saja Google Lens di KaiOS ini bisa segera dinikmati di Indonesia.

via Android Police, Google

  TERBARU! Unboxing vivo V20 dan vivo V20 SE Indonesia!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.