Di perkembangan jaman sekarang ini aplikasi entah aplikasi produktifitas, aplikasi game dan sebagainya ukurannya semakin lama semakin besar. Untuk game sendiri bahkan ada yang ukurannya mencapai hingga 2 GB belum lagi download berbagai package di in game tersebut pastinya membebani storage kamu. Hari ini aku akan membagikan tips supaya kamu bisa lebih berhemat soal storage atau media penyimpanan, oke langsung aja ya.

Baca Juga :

1. Identifikasi dulu aplikasi-aplikasi nya

Yang pertama jelas kamu harus identifikasi dahulu aplikasi-aplikasi mana yang sering kamu gunakan. Ada aplikasi yang mungkin sering kamu gunakan mungkin seperti Youtube, Spotify dsb yang sering banget kamu buka, sebaliknya pasti ada aplikasi-aplikasi yang jarang kamu buka atau malah gak pernah kamu buka, nah hapus semua aplikasi-aplikasi yang gak perlu itu karena cuma akan jadi penyebab lemotnya aplikasi kamu. Langsung aja ke Settings > Storage > Other apps tunggu hingga aplikasi terpapar semua lalu di atas kanan pilih sort by date jika kamu ingin menghapus aplikasi berdasarkan jangka waktu atau sort by size jika kamu ingin menghapus dari aplikasi yang berukuran besar.

2. Hapus Konten Offline

Baru-baru ini banyak banget aplikasi yang mampu dibuka secara offline, jadi ketika kamu membuka aplikasi secara online akan ada pilihan untuk menyimpan konten secara offline atau misalnya ketika kamu membuka Spotify dan menggunakan fitur download nah hasil dari download inilah yang disebut konten offline. Tidak hanya spotify saja aplikasi-aplikasi lain pun banyak yang membuat konten offline ini, sebenarnya ini bermanfaat supaya ketika kamu habis kuota atau gangguan jaringan kamu tetap bisa mengakses halaman tersebut meskipun secara offline, tetapi tetap saja jika lama-lama menumpuk akan menjadi sampah untuk smartphone kamu. Untuk membersihkannya kamu bisa membuka settings > Apps and notifications > see all apps > [nama aplikasi] > Storage and cache > Clear Cache.

3. Simpan Video dan Foto Di Aplikasi Cloud

Terkadang banyaknya foto dan video juga menjadi penyebab penuhnya storage. Untuk user laki-laki mungkin jarang ada foto-foto yang melampaui batas tapi untuk perempuan mungkin banyak banget foto-foto yang kadang memenuhi storage. Nah kamu bisa memanfaatkan berbagai macam penyimpanan Cloud misalnya seperti Google Drive atau Google Photos dimana kamu bisa menyimpan foto secara besar-besaran dan sedikit menghemat storage smarphone agar bisa dipakai untuk kebutuhan yang lain.

4. Pindah dari Smartphone ke SD Card

Semakin baru Smartphone sekarang ini banyak yang tidak menyediakan slot buat SD Card, padahal SD Card sendiri merupakan komponen penting untuk membackup data apapun itu. dan SD Card pun banyak yang mempunyai storage besar jika dibandingkan dengan storage bawaan dari Smartphone. Memang pembacaan data SD Card tidak secepat storage yang ditanam di dalam smartphone tetapi tetap saja ini merupakan tidak adanya slot SD Card di smartphone terbaru jelas akan sedikit menyusahkan apalagi untuk memindah data. Jadi untuk smartphone yang masih ada slot SD Card sering-seringlah pindah data kamu ke SD Card supaya ada cukup ruang di storage smartphone untuk “bernafas”. Untuk navigasinya kamu bisa ke Setting > Storage > [nama sd card] pilih 3 vertical dots di pojok kanan atas lalu pilih storage settings dan select Format as Internal untuk memulai proses.

Oke itu tadi tips dan trik menghemat storage smartphone semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya,. Jika kamu ada aplikasi dan game yang ingin dibahas atau ingin berdiskusi kamu bisa komentar di kolom di bawah ya, terima kasih!.

  vivo V20 Indonesia: 4,999 Juta Dapat Apa..?? 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.