Tanggal 3 Agustus lalu Google resmi meluncurkan Pixel 4a dan mereka berharap bisa mengulang kisah manis dari tahun lalu di mana seri Pixel 3a laris manis, bahkan waktu itu Pixel 3a menjadi salah satu ponsel midranger yang paling banyak dicari.

Bagaimana dengan Pixel 4a? Untuk saat ini (karena baru dirilis) belum bisa disebut sukses, tapi dari hasil review yang disampaikan di beberapa website teknologi dan para reviewer, ponsel ini bisa dikatakan cukup menjanjikan. Tentu saja hal tersebut tak lepas dari strategi Google dalam memasarkan perangkat tersebut menggunakan rumus terbaru yakni P4A atau bisa juga kalian sebuat 4P1A (Price, Photo, Power, Protection dan Assistant).

Kita bahas dari yang pertama dulu yakni Price, agar dapat bersaing dengan OEM lain yang pada dasarnya menjual spek tangguh. Google mau tak mau harus menurunkan harga Pixel 4a dari yang sebelumnya diperkirakan punya banderol harga $399, kini hanya $349 atau sekitar Rp 5,1 jutaan. Harus di akui, langkah yang diambil oleh Google cukup berani dan bisa dibilang cukup tepat karena ini adalah penawaran yang fantastis untuk ponsel dengan kualitas yang tak perlu kalian ragukan.

Yang kedua adalah Photo, siapa sih disini yang gak tau kualitas kamera yang dimiliki oleh Google Pixel? Pastinya kalian semua tau dong gimana luar biasanya kamera yang dimiliki oleh ponsel milik Google. Nah, foto yang dihasilkan oleh Pixel 4a sama baiknya seperti lini ponsel Pixel lain, apalagi Google tidak pilih kasih dalam pembagian fitur-fitur unggulan seperti Night Sight, Top Shot, bahkan Astrophotography.

Gak cuma itu aja, kamu juga bisa menyimpan hasil foto dan video yang kamu ambil dari kamera Pixel 4a milikmu di Google Photo dengan kualitas tinggi secara gratis, karena kamu mendapatkan unlimited storage* atau kamu bisa menyimpannya langsung di internal ponsel kamu karena ruang penyimpanan Pixel 4a up to 128GB!

Yang selanjutnya adalah Power, Pixel 4a dilengkapi dengan 6GB RAM yang sudah lebih dari cukup untuk dapat menangani berbagai macam pekerjaan di ponsel kamu dan dengan baterai berkapasitas standar (3.140 mAh) yang memiliki dukungan fast charging, ponsel ini diklaim mampu bertahan seharian. Apalagi dengan adanya fitur adaptive battery yang mampu mengoptimlalkan penggunaan baterai dari berbagai aplikasi yang sering digunakan, sehingga baterai ponsel ini bakal jauh lebih hemat lagi.

P yang terakhir adalah Protection, dengan penggunaan Titan M chip pada ponsel Pixel 4a, maka ponsel ini akan tetap merahasiakan hal privasi milikmu dan membuatnya jadi jauh lebih aman. Gak cuma itu, ponsel ini juga memiliki fitur bernama Crash Detection sehingga akan melakukan panggilan darurat jika kamu mengalami kecelakaan mobil.

Selanjutnya ada huruf A yang tak lain dan tak bukan adalah Assistant dan seperti yang kamu tahu, setiap ponsel Google dilengkapi dengan Google Assistant yang akan membatu kamu melakukan berbagai perkerjaan di ponsel kamu seperti membuka aplikasi, menyiapkan jadwal, alarm dan lain-lain atau apapun yang ingin kamu tanyakan, bisa kamu tanyakan langsung ke Google Assitant untuk menemukan jawabannya.

Jadi, gimana nih tanggapan kamu mengenai Pixel 4a? Lalu adakah pembaca DroidPoin yang tertarik dengan Pixel 4a dan berencana membelinya langsung dari luar negeri setelah tersedia pada tanggal 20 Agustus mendatang? Sampaikan langsung pendapatmu di kolom komentar.

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.