via Samsung

Saat ini, terhitung Samsung telah meluncurkan empat smartphone layar lipat mulai Galaxy Fold hingga Galaxy Z Fold 2. Nantinya kita akan masih akan menemukan tiga smartphone layar lipat baru Samsung hingga tahun depan.

Rumor yang belakangan berhembus ini menyebut Samsung tengah mepersiapkan tiga smartphone layar lipat dalam keluarga Galaxy Z Fold. Ketiganya adalah Galaxy Z Fold 3, Galaxy Z Fold S, dan terakhir Galaxy Z Fold Lite.

Baca juga:

Seorang sumber yang mengetahui rencana Samsung ini menyebut Galaxy Z Fold S bakal memiliki kemampuan engsel yang lebih menarik. Smartphone ini disebut memiliki konsep desain in-out folding, sehingga bisa dilipat 180 derajat layaknya laptop convertible.

Sementara Galaxy Z Fold Lite merupakan smartphone layar lipat paling termurah yang akan dirilis Samsung. Karena harganya yang miring, tentunya akan ada sejumlah spesifikasi yang dipangkas. Salah satunya adalah layar tanpa lapisan Ultra Thin Glass (UTG) seperti Galaxy Z Fold 2.

Layar Galaxy Z Fold Lite disebut menggunakan bahan plastik yang bernama Colorless Polyimide (CPI). Jenis layar ini juga dipakai Samsung di ponsel layar lipat pertama mereka, Galaxy Fold.

Sedangkan Galaxy Z Fold 3 dikatakan sudah menggunakan layar berlapis UTG, bahkan sudah mendukung pena stylus khas Galaxy Note, S Pen. Ini artinya, di dalam layar Galaxy Z Fold 3 sudah terdapat digitizer yang berguna untuk mendeteksi respon dari pena stylus.

Hanya saja, adanya pena S Pen dan layar digitizer tersebut berimbas pada harga. Terlebih Galaxy Z Fold merupakan smartphone layar lipat kelas flagship, harga Galaxy Z Fold 3 dipastikan bakal kian mahal.

Sebelumnya memang sempat beredar kabar Samsung akan membuat smartphone layar lipat murah. Tercatat, akan ada dua smartphone layar lipat dengan harga terjangkau yang akan dibuat Samsung.

Pertama ialah Galaxy Fold Lite yang harganya dirumorkan seharga 900 Dolar AS atau sekitar Rp 13 juta, dan kedua merupakan smartphone berbentuk clamshell dengan harga yang lebih murah dari Galaxy Z Flip.

Hmm.. bagaimana menurut kamu?

via SamMobile, Twitter

  UNBOXING APPLE WATCH SERIES 6 + NYOBAIN FITUR BARU!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.