via Huawei

Teka-teki smartphone Huawei pertama dengan sistem operasi buatannya sendiri, HarmonyOS, akhirnya mulai terkuak. Bos Huawei memastikan kehadiran smartphone ini.

Kehadiran smartphone HarmonyOS dari Huawei ini cukup dinantikan, mengingat sudah setahun sejak HarmonyOS dirilis, Huawei tak kunjung meluncurkan smartphone HarmonyOS juga.

Baca juga:

Kepada MyFixGuide, Richard Yu, CEO Huawei Consumer Business mengatakan akan meluncurkan smartphone pertama Huawei dengan HarmonyOS pada tahun 2021 mendatang.

Ia menyebut, smartphone dengan HarmonyOS sebetulnya sudah disiapkan sejak lama. Namun Huawei belum merilisnya karena adanya perjanjian dengan Google. Richard Yu tak merinci perjanjian seperti apa yang dimaksudkannya tersebut.

Tahun ini rencananya Huawei akan merilis HarmonyOS 2.0 dalam acara HDC Developers Conference 2020 pada 10 September mendatang. Sistem operasi versi terbaru ini akan kompatibel dengan perangkat PC, smartwatch/band, dan perangkat In-Vehicle Systems.

Ia menambahkan, tahun ini Huawei akan meluncurkan smartwatch dengan HarmonyOS pertamanya. Huawei sendiri mempersiapkan HarmonyOS sebagai sistem operasi untuk segala perangkat, termasuk PC, smartphone, smartwatch dan smartband, tablet perangkat IoT, hingga In-Vehicle Systems.

HarmonyOS juga tidak hanya diperuntukan bagi pasar Tiongkok saja. Dikatakannya, HarmonyOS kedepannya akan tersedia di seluruh dunia.

Dalam perbincangan terpisah, Richard Yu juga memastikan Huawei Mate 40 akan memakai chipset Kirin 9000, yang memiliki kemampuan 5G yang lebih baik, pemrosesan AI yang lebih bertenaga, dan tentunya kinerja CPU dan GPU yang lebih tinggi.

Chipset Kirin 9000 sekaligus menjadi chipset high-end Kirin terakhir karena terimbas sanksi dari Amerika Serikat. TSMC, perusahaan yang membuat chipset ini bekerja 24 jam untuk menyelesaikan pesanan chipset ini.

TSMC sendiri harus menyelesaikan pesanan dari Huawei hingga 15 September saja. Artinya, seluruh pesanan chipset Kirin 5nm dari Huawei ini harus terkirim paling lambat 14 September.

via PhoneArena, MyFixGuide

  Perang Mid-Range! vivo X50 vs Samsung Galaxy A71 vs OPPO Reno4  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.