via Evan Blass

Kecanggihan aplikasi sekarang ini memang berdampak signifikan, entah itu bermanfaat untuk kita, atau malah menjadikan kerugian untuk kita sendiri. Nah ada beberapa aplikasi yang sebenarnya tidak kita butuhkan loh, dan dengan adanya aplikasi tersebut hanya membuat smartphone kamu malah makin lemot. Aplikasi apakah itu? Dan Apakah membuang aplikasi tersebut akan membuat smarphone saya lancar?, oke coba kita bahas satu-satu disini ya.

Baca Juga:

Hapus Aplikasi yang mengklaim bisa menghemat RAM

Bagi kamu yang percaya bahwa ada aplikasi pihak ketiga yang bisa menghemat RAM, kamu sebaiknya jangan percaya dengan deskripsi tersebut. Smartphone kamu sudah dibekali dengan troubleshooting sendiri, dan jika memang membutuhkan penghematan RAM, mereka akan menghapus jejak data atau cache dari aplikasi yang tidak pernah dipakai secara otomatis. Parahnya banyak user android percaya kepada aplikasi pihak ketiga, yang mendeskripsikan bahwa aplikasi mereka bisa menghemat RAM sebuah smartphone.

Mereka mengklaim bahwa jika kamu menghemat RAM, maka bisa mem-boost smartphone, ini malah membuat masalah semakin besar. Aplikasi penghemat RAM ini memaksa aplikasi lain untuk tutup (force close), dan ini jika aplikasi dipaksa force close maka akan memakan daya yang besar yang mana akan membuat baterai kamu akan boros. Lebih parahnya ini terjadi secara terus-menerus meskipun smartphone kamu nonaktif, bisa dibilang aplikasi ini bisa membuat baterai smartphone kamu tidak awet.

Uninstall Clean Master (atau sejenisnya)

Aku sudah pernah membahas hal ini, tetapi untuk sekedar mengingatkan Clean Master memang bekerja tetapi sifatnya hampir mirip dengan aplikasi penghemat RAM diatas. Aplikasi ini tidak pernah ramah dengan baterai smartphone, dan juga banyak ads yang ada didalamnya bakal membuat paket data kamu akan bocor. Sama seperti penjelasan diatas, Android mempunyai sistemnya sendiri yang bisa membuang segala macam “sampah” yang ada didalamnya, jadi tidak perlu lagi kamu install Clean Master atau aplikasi sejenisnya ke smartphone kamu.

Uninstall Facebook

Menurut Cambridge Analytical Scandal, perusahaan Mark Zuckerberg ini mempunyai aplikasi yang sangat berat, memang Facebook belakangan ini mempunyai banyak permasalahan di dalamnya sehingga membuat aplikasi mereka pun menjadi lebih berat. Jika memang Facebook penting untuk kamu, kamu bisa kok install aplikasi Facebook Lite yang menawarkan Facebook versi lebih ringan.

Banyak keluhan mengenai Facebook ini, mulai dari konsumsi RAM yang berlebihan, tetap aktif meskipun smartphone tidak digunakan, yang paling buruk adalah menyedot kuota yang sangat besar. Maka dari itu aplikasi Facebook kamu disarankan untuk di hapus.

Uninstall Aplikasi Battery Savers Pihak Ketiga

Sama seperti aplikasi penghemat RAM dan Clean Master, aplikasi Battery Savers (sejenisnya) memang aplikasi yang harus banget kamu hapus. Deskripsi yang mereka tulis tentang menghemat baterai hingga beberapa persen itu semua hanya trik pemasaran saja. Aplikasi ini faktanya tidak terlalu berguna, dan malah ada beberapa kasus ternyata aplikasi seperti ini merupakan aplikasi scamming yang memang dikhususkan untuk spy-ing terhadap data penting kamu, termasuk e-mail dan segala macam.

Alternatifnya, Android sendiri sudah membuat aplikasi battery saver versi mereka, dan itu sudah tertanam dalam smartphone kamu. Battery saver tersebut akan mengirimkan sinyal interupsi jika baterai kamu dibawah 20%, memang fitur inilah yang terbaik dan paling cocok dengan smartphone kamu

Jadi bagaimana menurut kamu?, mungkin kamu ada masukkan aplikasi apa saja yang pantas untuk di Uninstall? tulis di kolom komentar dibawah ya terima kasih !.

  Technow #43: Android 12, iPhone Tanpa Port! Poco M3 Murah, Android Apps Jalan di Windows..!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.