Aplikasi Google Translate merupakan aplikasi penerjemah yang sudah umum digunakan. Biasanya orang lebih suka mencarinya di website daripada memakai aplikasi Google Translate itu sendiri, padahal jika di breakdown, akan banyak banget fitur yang bisa kamu maksimalkan ketika memakai versi aplikasinya loh.

Baca Juga:

Nah kali ini aku akan membagikan beberapa tips dan trik mengenai aplikasi google translate android. tips dan trik ini sangat mudah kok, dan kamu dengan gampang bisa mempelajarinya. Oke kita langsung saja ke tips dan triknya ya.

Stok Bahasa yang Bisa Kamu Gunakan Meskipun Offline

Ini merupakan suatu fitur yang sangat menarik menurut aku. Bagaimana tidak, kamu masih bisa memakai Google Translate bahkan dengan tidak adanya koneksi internet. Pastinya kamu sebelumnya harus mendownload bahasa yang kamu ingin pelajari, dan ketika sudah selesai di download kamu bisa memakainya secara offline, ini benar-benar memastikan kamu bisa memakainya kapan saja dan dimana saja, tanpa khawatir ada atau tidaknya koneksi internet di dalamnya.

Untuk mengakses hal tersebut, kamu hanya memencet bahasa dan tombol download di sebelah kanan dari bahasa tersebut. Pada setiap bahasa tersebut, mempunyai ukuran yang berbeda-beda mulai dari 40-50 MB.

Ketik Untuk Menerjemahkan

Fitur original dari Google Translate ini memungkinkan kamu untuk menerjemahkan bahasa kamu ke bahasa asing sesuai yang kamu pilih. Ini bisa langsung kamu gunakan kok, tinggal tulis bahasa apa yang ingin kamu terjemahkan dan hasilnya akan keluar secara instan.

Tulis Untuk Menerjemahkan

Ini merupakan fitur baru dari Google Translate, dimana jika kamu malas mengetik, kamu bisa menulis kata tersebut dan aplikasi ini akan secara otomatis mendeteksi tulisan tersebut. Tap bagian kanan bawah menu tersebut, dan pilih tulisan tangan, lalu kamu bisa langsung menulisnya. Meskipun tulisan kamu agak berantakan, aplikasi ini tetap mampu membacanya kok, dan akan ada sugesti di atas whiteboard jika memang tidak terdeteksi tulisan tersebut.

Berbicara Untuk Menerjemahkan

Fitur ini cukup penting untuk mempelajari pronounce kamu, apakah pronounce kamu sudah benar atau keliru. Tidak hanya itu fitur ini juga bisa mendeteksi bahasa kamu secara otomatis loh dengan hanya memencet sebuah tombol microphone dan kamu tinggal berbicara saja. Jika kamu ingin mendengar hasil suara dari terjemahan, kamu tinggal pencet tombol ikon speaker di sebelah kiri.

Terjemahkan melalui Kamera

Ini juga merupakan salah satu fitur terbaru dari Google Translate, kamu bisa dengan mudah menerjemahkan sesuatu hanya dengan mengarahkan kamera ke objek yang mau kamu terjemahkan. Tidak semua teknologi itu sempurna, jadi pasti ada kesalahan sekecil apapun yang bisa kamu temukan, jadi untuk hasil yang lebih maksimal, arahkan ke bentuk tulisan yang simpel saja.

Menyimpan sebuah Frasa

Nah ini penting untuk kata-kata percakapan dasar yang sering kamu gunakan dalam bahasa sehari-hari. Disini, kamu akan bisa menyimpan dengan hanya memencet tombol bintang di sebelah kanan frasa tersebut. Untuk bisa mengakses frasa yang disimpan tersebut, kamu tinggal membuka ikon menu dan memilih menu frasa, dan kamu akan menemukan frasa yang kamu simpan sebelumnya.

Menerjemahkan Sebuah Kata Hanya dengan Tap

Jika kamu sedang membaca artikel bahasa asing, lalu kamu masih belum mengerti vocabulary atau grammarnya, kamu bisa memakai fitur ini. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu tinggal membuka menu> pengaturan> lalu aktifkan sentuh untuk menerjemahkan. Buka aplikasi browser atau aplikasi berbahasa asing, blok kata tersebut lalu kamu akan menemukan pilihan “terjemahkan” dan otomatis akan ada hasil terjemahan tersebut.

Oke itu tadi tips dan trik seputar aplikasi Google Translate android, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi atau game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar di kolom dibawah ya, terima kasih !.

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.