Aplikasi GPS merupakan aplikasi yang penting yang harus kamu miliki, terlebih lagi jika kamu memang ingin mempelajari sebuah perjalanan, mulai dari jalan alternatif, jalan utama hingga penunjuk jalan. Pada era yang serba update sekarang ini, malah banyak banget informasi yang bisa kamu dapatkan dari sebuah aplikasi GPS Android dari penutupan jalan, jalan rusak, informasi seputar kemacetan pun bisa kamu dapatkan informasinya.

Baca Juga:

Nah kali ini, aku akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi GPS Android yang bisa kamu install di smartphone kamu. Aplikasi yang aku rekomendasikan ini tidak termasuk Google Maps ya, karena kita tahu bahwa Google Maps merupakan aplikasi GPS Android terbaik, dan aku merekomendasikan aplikasi yang berbeda dan memiliki keunikannya tersendiri. Oke langsung ke daftarnya ya.

1. BackCountry Navigator

Jika kamu penggemar tracking dan hiking di alam bebas dan pegunungan, ini adalah salah satu aplikasi GPS Android yang harus banget kamu miliki. Memang aplikasi ini cukup mahal, harga yang dipatok pun seharga Rp. 209.000,00. Akan tetapi kamu akan mendapatkan sebuah map topografik yang bisa kamu akses secara offline loh.

Kamu bisa menambahkan spot favorit dan memberikan tanda mana rute yang bisa kamu lewati nantinya, ini cocok banget untuk perencanaan sebuah pendakian nantinya. Dengan harga aplikasi yang cukup mahal ini, kamu harus betul-betul cermat ya dalam pembeliannya jika memang kamu gak terlalu butuh, atau gak doyan hiking jangan terlalu memaksakan membeli aplikasi ini. Download BackCountry Navigator.

2. HERE WeGo

HERE WeGo adalah salah satu aplikasi GPS Android yang menjadi penantang serius bagi Google Maps. Aplikasi ini mempunyai desain yang simpel, dan interfacenya pun elegan pastinya akan memanjakan mata kamu. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini secara offline loh, ini akan sangat membantu jika kamu melewati daerah-daerah yang mempunyai sinyal yang buruk.

Selain itu aplikasi GPS Android HERE WeGO ini menyediakan beberapa informasi penting loh, mulai dari informasi seputar transportasi publik, informasi tentang kejadian di perjalanan (kemacetan,penutupan jalan dll), dan kamu juga bisa menyimpan sebuah perjalanan yang bisa kamu lakukan di kemudian hari. Download HERE WeGO.

3. Map Factor

Map Factor mungkin salah satu aplikasi GPS android yang sedikit underrated dibandingkan aplikasi GPS android yang lainnya. Padahal aplikasi ini mempunyai banyak fitur yang mungkin akan bermanfaat untuk kamu semua. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi secara offline loh, dan akan terus mendapat update di setiap bulannya.

Untuk fitur tambahan, ada navigasi suara dari berbagai bahasa, tampilan peta 2D/3D, kamu bisa memilih light mode atau dark mode, informasi seputar transportasi publik dan masih banyak lagi fitur tambahan yang bisa kamu dapatkan. Kelemahannya mungkin untuk mengaktifkan beberapa fitur tersebut, kamu harus mengupgrade ke versi premiumnya. Download MapFactor.

4. MAPS.ME

Selanjutnya ada aplikasi GPS MAPS ME. Satu lagi aplikasi yang cukup underrated di segmen GPS, aplikasi ini lumayan bagus loh untuk kamu install. Fiturnya pun cukup banyak mulai dari Mapping Offline, menyimpan lokasi tempat, informasi kemacetan, dan bisa digunakan di banyak negara.

Aplikasi bisa kamu dapatkan secara gratis, dan memang akan ada iklan yang muncul ketika kamu memakai aplikasi ini secara online, tetapi iklan tersebut tidak akan mengganggu kenyamanan kamu dalam berkendara kok. Download MAPS.ME.

5. Waze

Terakhir ada Aplikasi GPS android terbaik yaitu Waze. Mungkin hampir setiap orang mengetahui aplikasi Waze ini, ya bisa dibilang aplikasi ini pesaing dari Google Maps. Dengan desain interface yang simpel, penunjuk arah yang akurat, navigasi suara yang mendukung banyak bahasa, informasi seputar kemacetan, police locations dan masih banyak fitur yang bisa kamu dapatkan di aplikasi GPS android ini.

Jika kamu user di Indonesia, jika kamu memasukkan nomor polisi akan ada informasi seputar ganjil-genap yang mungkin informatif buat kamu. Tidak hanya itu, akan ada komunitas di dalam Waze ini sendiri yang memberikan informasi update di dalam perjalanan dan pastinya membuat kamu nyaman jika merencanakan sebuah perjalanan. Download Waze.

Oke itu tadi beberapa rekomendasi aplikasi GPS android terbaik yang bisa kamu install di smartphone kamu, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi atau game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih.

  Technow #43: Android 12, iPhone Tanpa Port! Poco M3 Murah, Android Apps Jalan di Windows..!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.