Ya bagi kamu para user Instagram, pasti kamu akan mendapatkan update mengenai Instagram Reels. Nah bagi kamu yang tidak tahu apa itu Instagram Reels tersebut, Instagram Reels merupakan aplikasi short video dengan sedikit fitur editing di dalamnya, sekilas hampir mirip dengan TikTok. Reels ini juga merupakan aplikasi bawaan dari Instagram, jadi kamu tidak usah menginstal lagi aplikasi tersebut. Kamu juga bisa memasukkan hasil dari editing tersebut ke Instagram musik.

Baca Juga:

Mungkin ada beberapa user Instagram yang kesulitan untuk menggunakan fitur Instagram Reels ini. Padahal fitur ini cukup mudah untuk dioperasikan loh, ketika kamu membuka aplikasi Instagram kamu tinggal memencet ikon kamera di sebelah kiri atas beranda tersebut, geser ke kiri menu tersebut dan kamu akan menemukan fitur Reels tersebut.

Akan ada beberapa tombol yang bisa kamu gunakan mulai dari ikon tab di bagian atas yang sama seperti story biasa dan ikon tab pada sebelah kiri layar. Ketika kamu merekam sesuatu, kamu akan mendapatkan opsi-opsi yang tersedia mulai dari Musical Note dimana tools ini akan merekomendasikan musik yang akan menjadi background musik kamu, speed button untuk mempercepat atau memperlambat video dan audio tersebut, smiley face untuk memilih efek atau filter-filter untuk video tersebut, terakhir ada stopwatch yang mempunyai efek menghitung mundur.

Setelah merekam video dan mengedit video tersebut, kamu akan melihat tombol align, nah pada tombol align ini nantinya akan merapikan segala editan lalu membuat editing dan transisi menjadi lebih halus. Sebagai pengingat bahwa aplikasi ini hanya bisa merekam 15 detik saja ya, dan akan ada bar progres yang tampak ketika kamu merekam sebuah video pendek tersebut.

Memang sekilas ini mirip banget dengan aplikasi TikTok yang belakangan ini sedang booming. Instagram memang sedang mencoba merebut pasar short video ini, karena memang ini merupakan pasar paling potensial untuk sekarang ini. Semoga Instagram Reel ini bisa menjadi sebuah pesaing utama bagi TikTok, karena kita tahu bahwa TikTok ini seperti memonopoli dunia sosial media yang berkonsep shortvideo.

Kelemahan dari Reels ini adalah banyak device yang kurang disupport oleh fitur ini. Jadi hanya sebagian user Instagram yang bisa menggunakan fitur Instagram reels, maka dari itu tidak banyak orang yang mengetahui tentang Instagram Reels ini. Semoga di update selanjutnya, Instagram Reels mempunyai ikon sendiri di beranda Instagram.

Oke itu tadi opini tentang Instagram Reels, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa komentar pada kolom dibawah ya, terima kasih !.

Sumber

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.