Kabar terbaru datang dari aplikasi Facebook, dimana sekarang Facebook mulai memasang sebuah kebijakan terbaru, termasuk grup yang membutuhkan sebuah administrator. Seperti kita tahu, bahwa hampir semua informasi bisa kita dapatkan di sebuah platform media sosial, tetapi masalahnya kita tidak apakah informasi tersebut valid atau tidak.

Baca Juga:

Sekarang Facebook sedang mengambil sebuah kebijakan penting, dimana mereka akan mengambil langkah untuk memastikan keamanan para pengguna grup. Bukan sebuah rahasia umum, terkadang grup di platform Facebook sering mendengungkan informasi yang tidak valid kebenarannya. Seperti yang dilansir dari about.fb.com, bahwa Facebook sudah mengetatkan aturan seputar ujaran kebencian, bahkan aturan ini akan diberlakukan di dalam sebuah grup tersebut.

aboutfb.com

Seperti berita yang beredar di pasaran, Facebook telah men-takedown 1,5 juta grup karena melanggar kebijakan tentang ujaran kebencian. Tidak hanya itu, Facebook juga menghapus sekitar 1 juta grup karena melanggar aturan standar komunitas. Ini menjadi bukti keseriusan Facebook dalam kampanye untuk memerangi ujaran kebencian dan kelompok berbahaya yang ada didalam platform Facebook itu sendiri.

Sekarang, jika ada anggota grup yang melanggar kebijakan standar komunitas, mereka harus mendapat persetujuan post dari administrator grup tersebut. Akan tetapi apabila dalam waktu 30 hari administrator tersebut memperbolehkan postingan tidak pantas atau melanggar, maka grup tersebut akan langsung di takedown oleh Facebook.

Dari penjelasan ini, bisa dibilang Facebook memberikan tanggung jawab lebih untuk sang administrator. Maka dari itu, nantinya setiap grup di platform yang dinaungi Facebook, akan mempunyai seorang administrator aktif. Jika memang administrator tersebut tidak aktif dengan waktu yang cukup lama, maka Facebook akan mengarsipkan segala bentuk postingan yang diunggah ke grup tersebut, lalu Facebook akan menyarankan pengganti administrator tersebut kepada member grup yang mempunyai reputasi baik.

Terakhir, Facebook akan meredam semua informasi yang keliru seputar wabah Covid-19 ini. Selain itu, Facebook tidak akan menampilkan sebuah grup kesehatan di beranda rekomendasi mereka. Akan tetapi jika memang kamu ingin mengikuti dan mencari grup kesehatan tersebut kamu masih bisa mengaksesnya.

Tentunya dengan update terbaru seputar Facebook kali ini, banyak orang bisa lebih bijak dalam penggunaan media sosial khususnya Facebook. Pastinya kita akan menunggu apakah update kali ini bisa menekan grup dengan ujaran kebecian grup yang berisikan konten berbahaya.

Oke itu tadi berita mengenai Facebook, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar di kolom dibawah ya, terima kasih !.

Sumber

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.