Tidak bisa dibantah bahwa perkembangan teknologi jaman sekarang hampir semua orang menggunakannya. Tidak terkecuali anak-anak pun juga menikmati kecanggihan teknologi sekarang, karena seringnya menggunakan smartphone itulah, kadang anak-anak tersebut menjadi ketagihan dalam memakai smartphone.

Baca Juga:

Nah kali ini aku akan membagikan beberapa tips untuk memastikan pemakaian smartphone aman untuk anak-anak tersebut, dan pastinya tips ini juga menyertakan manajemen waktu agar tidak menjadi kecanduan ketika memainkan smartphone mereka. Oke kita langsung ke listnya ya.

1. Menggunakan Google Family Link

Jika kamu mencari sebuah aplikasi yang bisa me-manage waktu pemakaian smartphone anak, ini adalah salah satu aplikasi terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Dengan aplikasi Google Family Link ini, kamu bisa mengatur jadwal penggunaan smartphone tersebut.

Selain itu, sebagai orang tua kamu bisa membuat filter tentang aplikasi apa saja yang diperbolehkan untuk digunakan anak-anak kamu. Kamu juga bisa memonitoring tentang apa saja yang anak cari ketika berselancar di internet, mengetahui waktu yang dihabiskan oleh anak tersebut untuk memainkan smartphone, dan kamu juga bisa mengunci total smartphone tersebut ketika malam. Download Google Family Link.

2. Play Store Parental Controls

Kamu juga bisa setup parental controls di Google Playstore loh, yang nantinya akan membatasi segala sesuatu mulai dari aplikasi, game, film ataupun tv show. Ketika kamu akan setup parental controls, awalnya akan ada pertanyaan mengenai umur anak tersebut, dan nantinya yang muncul di beranda Playstore merupakan aplikasi yang cocok dengan umur anak tersebut.

Pastinya akan ada password untuk menjaga menu parental controls ini dari hacking anak tersebut, dan ini dipastikan aman dari segala macam konten yang tidak sesuai dengan umur anak.

3. Chorme Parental Controls

Berselancar di dunia internet merupakan hal yang cukup menyenangkan, tidak hanya itu kita pun bisa mendapatkan berbagai macam informasi tentang dunia luar ketika berselancar di dunia maya. Akan tetapi tidak ada filter ketika kita mengakses hal tersebut, dan termasuk anak pun bisa untuk mengakses hal tersebut.

Nah di Chrome pun terdapat sebuah fitur Parental Controls yang berfungsi untuk memblok semua situs yang bermuatan konten negatif. Untuk mengaktifkan fitur ini sebernarnya mudah, akan tetapi cukup di tiap smartphone letaknya cukup berbeda-beda. Paling umum kamu buka 3 titik pada pojok kanan> Settings> General lalu pilih menu Safe Search Filter dan aktifkan toggle tersebut.

4. Share Berbagai Konten dengan Fitur Family Library

Family Library merupakan salah satu fitur yang terdapat di Playstore yang memungkinkan kamu berbagi konten bersama. Misalnya kamu membeli sebuah film dan kamu pun bisa berbagi film tersebut dengan keluarga kamu, fitur ini pun bisa menjadi sebuah penghematan dan tentunya kamu bisa memonitoring apa saja yang kamu beli tersebut dan pastinya bisa dinikmati oleh anak tersebut.

Jika ada member dari Family Library tersebut membeli sebuah konten diatas 18+, kamu akan mendapatkan sebuah notifikasi dan berhak menerima atau menolak pembelian tersebut, hal ini juga berlaku pada in-app purchases.

5. Ganti Youtube dengan Youtube Kids

Jika memang anak kamu memakai sebuah smartphone, pastikan kamu sudah menggantiny dengan Youtube Kids ya. Karena dengan Youtube Kids tersebut, akan ada banyak konten yang anak-anak yang bisa diakses, berbeda dengan Youtube yang mempunyai konten lebih umum dan pastinya ada beberapa informasi yang tidak cocok untuk anak kecil

Jadi kamu bisa mendisable Youtube tersebut dengan cara, kamu ke setting telepon> apps> YouTube dan pilih disable. Selanjutnya kamu bisa menginstall YouTube Kids, di aplikasi YouTube Kids sendiri kamu bisa mendisable pencarian, membatasi waktu yang dihabiskan ketika menonton, dan masih banyak lagi fitur yang mendukung untuk mengurangi kecanduan anak akan smartphone. Download Youtube Kids.

Oke itu tadi beberapa tips yang bisa kamu adaptasikan ke smartphone atau tablet anak kamu, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih !.

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.