via Google

Apakah kamu sering menggunakan Google Meet? Jika ya, bersiaplah. Layanan teleconference ini bakal segera dibatasi penggunaannya. Tapi, khusus yang gratis saja.

Google Meet ini digratiskan Google sejak bulan Mei lalu sebagai bentuk dukungan Google agar lebih meminimalkan aktivitas di luar rumah. Google menggratiskan Google Meet tanpa batas durasi penggunaannya.

Baca juga: Tanpa G Suite Lagi! Google Meet Digratiskan Untuk Semua Orang

Namun mulai 1 Oktober 2020, durasi teleconference atau rapat di Google Meet gratisan akan dibatasi menjadi 1 jam saja per harinya. Sementara itu, untuk jumlah peserta maksimal sebanyak 100 orang.

Kalau ingin lebih, pengguna harus mendaftarkan diri ke layanan G Suite Essentials yang menawarkan durasi rapat hingga 300 jam per bulan, dan peserta rapat yang lebih banyak maksimum 150 orang.

Ada pula G Suite Enterprise yang lebih ditujukan untuk penggunaan non personal, dengan durasi maksimum 300 jam per bulan dan peserta rapat hingga 250 orang. Khusus Enterprise, disertai dengan fitur intelligent noise cancelation, keamanan yang lebih, hingga pembicaraan rapat yang bisa disimpan ke Google Drive.

Tapi.. G Suite tidaklah gratis. Untuk G Suite Essentials dipatok biaya berlangganan 8 Dolar AS atau sekitar 120 ribu per bulan untuk tiap pengguna.

Untuk menggunakan Google Meet gratis ini masih serupa dengan sebelu,-sebelumnya. Kamu diharuskan memiliki akun Google terlebih dahulu, lalu mendaftar di laman Google Meet, serta mengisi kolom seperti nama, e-mail, hingga tujuan penggunaan.

Google Meet sendiri memang merupakan salah satu bagian dari G Suite, layanan Google untuk enterprise dan korporasi. Selain Google Meet, ada Gmail, Drive, dan Docs yang turut tergabung.

  Hobi Baca Wajib Punya..!! Unboxing Onyx BOOX Poke2 Indonesia + Review Singkat 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.