Kabar terbaru datang dari aplikasi streaming video terpopuler yaitu YouTube. YouTube sedang memaksimalkan sebuah AI untuk secara otomatis memberi batasan usia pada konten-konten tertentu. Memang, akhir-akhir ini banyak permasalahan dengan konten-konten YouTube yang sering tidak memberikan batasan usia pada konten nya. Padahal penerapan batasan usia ini sangat penting, apalagi masih banyak anak dibawah umur yang bebas mengakses konten atau video yang tidak sesuai dengan umurnya.

Baca Juga:

YouTube dikabarkan meluncurkan sebuah Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan, untuk menangkap lebih banyak video yang mungkin membutuhkan batasan usia. Jelas akan ada verifikasi umur untuk memastikan apakah akun tersebut cukup umur dalam mengakses atau menonton video tersebut.

blog.youtube

Cara ini sebenarnya bukan hal yang baru, YouTube sendiri pernah melakukan hal seperti ini di tahun 2017, dimana saat itu banyak beredar video ekstremisme kekerasan. Selain itu, YouTube juga bisa menandai video secara otomatis untuk video yang mengandung perilaku kebencian ataupun ujaran kebencian.

blog.youtube

Tetapi, kecerdasan buatan ini masih mempunyai banyak kesalahan dalam pemberian label otomatis tersebut, maka dari itu YouTube mencoba menyempurnakan AI dengan teknologi lebih modern. Dan Sebagai awal dari perubahan tersebut, orang yang menonton video YouTube dari website pihak ketiga, akan dialihkan masuk ke YouTube untuk masuk dan melakukan verifikasi e-mail mereka di aplikasi YouTube.

Jelas ini menjadi permasalahan tersendiri bagi penyedia konten atau channel-channel YouTube yang mencari uang di YouTube, dan apakah tindakan moderasi ini akan berpengaruh terhadap potensi mereka mencari uang. Tim YouTube sendiri memberikan sebuah pernyataan bahwa video yang diberi pembatasan usia, secara otomatis telah melanggar advertiser’s guideline, jadi bisa dibilang bagi video yang melakukan pelanggaran tersebut tidak akan mendapatkan pemasukan sama sekali dari YouTube.

Bukan berarti sistem tersebut tanpa ada cacat sama sekali. Hingga sekarang, sistem YouTube sering melakukan kesalahan labelling dan kontroversi lainnya. Dan banyak yang mengharapkan sistem ini lebih dipermudah dan mengurangi kesalahan labelling tersebut, selain itu pembatasan pun harus jelas, dan tidak tiba-tiba secara otomatis kena label melanggar batasan usia.

Bagaimana menurut kamu tentang update YouTube kali ini?, apakah update kali ini menjadi sebuah update besar untuk ke depannya?, atau malah membuat YouTube semakin melangkah mundur?. Sampaikan semua pendapat kamu di kolom komentar ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya, terima kasih !.

Sumber

  Technow #43: Android 12, iPhone Tanpa Port! Poco M3 Murah, Android Apps Jalan di Windows..!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.