Kabar kali ini datang dari Google Maps, seperti yang dilansir dari website Android Police, Google sedang menggarap sebuah User Interface terbaru Untuk Google Maps. User Interface terbaru ini akan aktif jika kamu menggunakan mode berkendara, secara tampilan pun hampir mirip dengan Android Auto. Selain itu, fitur-fitur nya pun diperbaharui seperti tombol yang lebih besar yang bakal memudahkan kamu mengaksesnya ketika mengemudi, dan juga sinkronisasi dengan Google Asisten.

Baca Juga:

Android Auto sebenarnya sudah dirancang secara khusus dirancang untuk mengemudi, tetapi sekarang Google sedang berusaha untuk menghadirkan User Interface khas Android Auto ini ke aplikasi Google Maps biasa. Seperti yang bisa kamu lihat dari foto yang dipublish oleh XDA Developers, interface terbaru ini nanti akan mempunyai home screen yang simpel, ditambah dengan panel yang besar untuk membuka aplikasi entertainment seperti Spotify ataupun Google Podcast.

Google Asisten akan memegang peranan penting di update Google Map ini, dimana Google Asisten akan terintegrasi dengan UI tersebut, dan bisa dilihat jika panel aplikasi tersebut ada di sebelah kiri dari menu tersebut. Ini sangat penting, dimana kamu bisa mengakses apapun di smartphone kamu, hanya dengan suara dan tanpa melepas tangan kamu dari setir mobil.

Nah UI baru ini juga akan ditambahkan fitur terbaru yaitu, layer yang mengidentifikasi area yang mempunyai resiko terbesar Covid-19. Memang layer ini masih belum tersedia di beberapa negara, tetapi fitur layer ini sudah bisa dipakai di beberapa negara seperti Amerika, India, Kanada dan lain-lain.

Menurut aku ini sangat aneh, mengapa Google sedikit memaksa untuk mencerminkan layanan Android Auto pada Google Maps. Padahal aplikasi Android Auto sedang berkembang di beberapa tahun terakhir, mungkin ini ada sangkut-pautnya dengan fitur terbaru dari Google Maps yang menyediakan layer dan informasi seputar Covid-19 tersebut.

Sayangnya gambar bocoran yang dirilis XDA Developer hanya ada 3 dan masih belum ada bocoran gambar lainnya. Selain itu, masih belum ada perilisan resmi tentang kapan aplikasi ini akan diperkenalkan di Google Playstore, yang pasti kita akan tunggu bareng-bareng perkembangannya ya.

Lalu bagaimana menurut kamu tentang update Google Maps ini?, apakah nantinya akan menjadi sebuah update yang sukses?, atau malah sebaliknya?. Tulis pendapat kamu di kolom komentar dibawah ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih !.

Sumber

  Technow #43: Android 12, iPhone Tanpa Port! Poco M3 Murah, Android Apps Jalan di Windows..!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.