Ada beberapa kasus dimana terkadang smartphone kita terdapat tulisan “obtaining IP Address”. Jujur saja, aku pernah mengalami hal seperti ini, dan tidak bisa masuk ke jaringan Wi-Fi karena pesan tersebut selalu keluar, meskipun aku sudah mematikan dan menyalakan ikon Wi-Fi secara berkali-kali.

Baca Juga:

Jelas, ini merupakan salah satu hal yang sangat mengganggu dan mungkin banyak juga user Android yang mempunyai kejadian yang serupa. Nah, kali ini aku akan membagi sebuah tutorial untuk memperbaiki permasalahan tersebut, dan aku sendiri pun telah mencoba hal ini dan un berhasil. Oke kita langsung ke tutorialnya.

1. Toggle Airplane Mode

Cara ini merupakan cara yang sering banget aku lakukan ketika Wi-Fi ngadat, ataupun ketika jaringan mobile data bermasalah. Bisa dibilang, ini merupakan soft-restart karena ketika kamu mengaktifkan airplane mode, maka semua koneksi akan otomatis terhenti, sebaliknya ketika kamu mematikan airplane mode maka koneksi tersebut akan kembali menyala. Cara mengaktifkannya pun gampang, kamu tinggal tarik menu kebawah> lalu tap bagian Airplane Mode untuk mengaktifkannya> tap lagi untuk mematikan Airplane Mode tersebut.

2. Lupakan Jaringan

Lupakan jaringan ini bisa dibilang menghapus jaringan serta password dari smartphone kamu. Ini juga bakal menghapus segala settingan yang mempunyai relasi dengan jaringan tersebut, cara ini juga cara yang cukup basic dan bisa kamu lakukan dengan mudah. Caranya adalah, buka menu settings> tap bagian Wi-Fi> Pilih ikon Lupakan Jaringan. Untuk mengkoneksikannya lagi juga gampang tinggal kamu pilih nama jaringan Wi-Fi tersebut.

3. Restart Smartphone

Jika dua cara tersebut belum berhasil, kamu bisa melakukan cara restart smartphone ini. Restart smartphone merupakan langkah yang sering kita lakukan, misalnya ketika smartphone kita ngelag ataupun permasalahan lainnya. Nah, kamu pun bisa melakukan hal ini kok, dan beberapa kali aku mencoba hal ini ketika jaringan Wi-Fi bermasalah dan bisa berfungsi dengan normal.

4. Reboot Router

Ini adalah cara terakhir yang bisa kamu lakukan, dimana kamu bisa me-reboot router Wi-Fi kamu. Mungkin permasalahan tidak ada di smartphone kamu, dan jika permasalahannya ada di router, kamu bisa mencoba hal ini. Cara nya pun sangat simpel, tidak perlu kamu mencari tombol on/off kamu tinggal mencabut colokan listrik router tersebut dan menancapkannya lagi, dan tinggal tunggu beberapa menit dan kamu pun bisa menikmati internetan Wi-Fi seperti biasa.

Itu tadi beberapa tips dan trik seputar permasalahan Wi-Fi, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran seputar aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih !.

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.