Tidak bisa disangkal, bahwa PlayStation melahirkan banyak banget game ikonik dan legendaris. Bahkan, bisa dibilang mereka tetap memimpin dunia konsol mulai dari PS 1 rilis hingga PS 5 yang rilis belakangan ini. Mungkin ada diantara kamu yang kangen dengan permainan PS 1, dan ingin memainkannya kembali sebagai nostalgia?. Nah kali ini, aku akan membagikan beberapa aplikasi emulator PS yang bisa kamu install dan mainkan di smartphone kamu, kita langsung ke daftarnya ya.

Baca Juga:

1. Classic Boy

Pada daftar pembuka, ada emulator PS Classic Boy. Classic Boy ini sendiri mendukung banyak tipe konsol, mulai dari Nintendo, PlayStation, Game Boy Sistem, Sega, Nintendo 64 dan NeoGeo. Jelas ini membuat Classic Boy menjadi emulator all in one karena bisa mendukung banyak tipe konsol. Selain itu, Classic Boy ini juga bisa kamu mainkan dengan kontroller eksternal loh, dan juga kamu bisa merubah tampilan touch screen sesuai dengan yang kamu inginkan. Sayangnya emulator ini masih mempunyai beberapa bug yang mungkin akan mengganggu kenyamanan kamu ketika bermain game. Download Classic Boy.

2. EmuBox

Selanjutnya ada Emubox. Pada daftar ini, EmuBox merupakan emulator yang paling muda dan baru. Hampir mirip dengan Classic Boy, EmuBox juga support dengan beberapa tipe konsol, seperti PlayStation, SNES, Nintendo DS dan lain-lain. Stabilitas EmuBox ini juga bagus, selain itu EmuBox juga support dengan cheat code, fast forward mode dan kontroller eksternal atau stik PS. EmuBox ini bisa kamu dapatkan secara gratis, dan tidak ada iklan yang mengganggu ketika memainkannya. Download EmuBox.

3. ePSXe

Jika membicarakan emulator PS android terbaik, mungkin nama ePSXe ini akan muncul ke permukaan. Emulator ini gampang banget untuk dipake, stabilitas permainan tinggi, support split screen mode, support save dan load states, kontrol yang bisa dirubah-rubah sesuai keinginan dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu bisa memasang sebuah Plugin dan menambahkan fitur tambahan di dalam emulator tersebut. Untuk menikmati aplikasi ini, kamu harus membayar Rp. 49.500,00 dan itu harga yang sesuai dengan apa yang kamu dapatkan pada emulator ini. Download ePSXe.

4. FPse

FPse merupakan kompetitor dari ePSXe, dan FPse ini pun juga masuk sebagai emulator PS android terbaik hingga sekarang. Banyak player yang menggunakan FPse ini sebagai emulator untuk memainkan game PS di Android. Fitur nya pun hampir mirip dengan dengan ePSXe, mulai dari ketahanan emulator, customize control, support control eksternal, support cheat code dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa memilih peningkatan grafis atau peningkatan permainan, jadi kamu bisa memilih tipe mana yang kamu mainkan sesuai dengan kemampuan smartphone kamu. Emulator ini juga berbayar, kamu bisa menebusnya dengan harga Rp. 46.000,00 harga yang sedikit murah jika dibandingkan kompetitornya, dijamin kamu tidak akan menyesal ketika membeli emulator ini. Download FPse.

5. RetroArch

Terakhir ada Retro Arch. Jika berbicara tentang terbaik, mungkin ePSXe dan FPse merupakan yang terbaik, tapi jika terpopuler emulator RetroArch ini merupakan emulator paling populer untuk sekarang ini. Retro Arch ini merupakan emulator yang multiplatform. Selain itu, RetroArch ini mempunyai kompleksitas yang cukup tinggi, dimana kamu harus mendownload sistem secara individual sebagai plugin. Tetapi, jika kamu sudah menguasai segala bentuk settingan di emulator ini, kamu tidak perlu lagi mencari emulator lainnya, apalagi kamu bisa mendownload aplikasi ini secara gratis. Download RetroArch.

Oke itu tadi rekomendasi beberapa emulator PS android terbaik yang bisa kamu install di smartphone. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih !.

  Noise Cancelling Earphone Terbaik! Review Bose QuietComfort Earbuds Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.