Video editing merupakan salah satu pekerjaan yang sangat berat bagi PC maupun laptop. Jelas kamu akan membutuhkan sebuah spesifikasi yang tinggi, RAM yang besar dan storage yang besar pula, belum lagi pengetahuan bagaimana cara membuatnya. Ini jelas membutuhkan kinerja yang keras bagi kamu maupun bagi PC/laptop kamu ketika mengedit sebuah video.

Baca Juga:

Nah sekarang, kamu juga bisa mengedit sebuah video hanya bermodalkan sebuah smartphone loh, dan lebih hebatnya lagi kamu tidak membutuhkan spesifikasi yang besar untuk menginstall aplikasi edit video tersebut. Meskipun hasilnya tidak sempurna seperti di PC/laptop, tetapi minimal kamu bisa belajar basic dari editing video dan jika kamu memang jago dalam editing tersebut, hasilnya tidak kalah kok dengan Final Cut Pro ataupun Adobe Premiere Pro. Oke kita langsung masuk ke daftar aplikasi edit video android terbaik ya.

1. ActionDirector

Pada list pembuka, ada aplikasi ActionDirector Video Editor. Action Director merupakan salah satu aplikasi editing video paling populer yang ada di PC, dan sekarang aplikasi ini hadir ke platform Android. Kamu bisa membuat sebuah clip, mengeditnya, dan merender menjadi sebuah video panjang. Selain itu kamu bisa melakukan banyak hal, mulai dari membuat background musik, trim, cut video, menambahkan teks, slow motion dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, kamu bisa menghasilkan video yang mendukung tipe video 4K loh, tertarik?. Download Action Director.

2. Adobe Premiere Rush

Selanjutnya ada Adobe Premiere Rush, dimana aplikasi ini merupakan aplikasi edit video android yang mempunyai kemampuan diatas rata-rata. Meskipun Adobe Premiere Rush ini paling baru diantara daftar ini, tetapi Adobe merupakan develeper yang mempunyai banyak pengalaman di bidang visual, khususnya gambar dan video. Banyak fitur yang bisa kamu dapatkan di aplikasi edit video android yang satu ini, mulai dari multi-track timeline, sinkronisasi di cloud storage, dan beberapa tools editing basic lainnya. Karena mungkin aplikasi ini baru, jadi ada beberapa bug yang mungkin mengganggu, dan User Interfacenya pun sedikit kurang begitu baik mungkin di update selanjutnya akan ada perbaikan di sisi ini. Download Adobe Premiere Rush.

3. FilmoraGo

Bagi kamu para editor video, pasti kamu tahu aplikasi edit video yang bernama Filmora. Nah, sekarang ini Filmora mulai merambah ke pasar Android dengan nama FilmoraGo, kamu bisa melakukan berbagai macam basic edit video, seperti trim dan cut, render, dan berbagai hal lainnya. Kamu juga bisa membuat video reverse loh, aplikasi ini juga mampu membuat square video seperti instagram, atau 16:9 untuk YouTube, banyak transisi yang bisa kamu pilih untuk mempercantik video, slow motion, music, overlays, animations dan masih banyak lagi hal menarik yang bisa membuat kamu tertarik untuk mengedit sebuah video. Download Filmora Go.

4. InShot

Kalau kamu tertarik dengan bidang klip ataupun short video, kamu mungkin harus mempertimbangkan aplikasi In Shot ini. Bisa dibilang, aplikasi InShot ini memang spesialis untuk membuat sebuah short video, aplikasi ini mempunyai timeline editor yang sangat sederhana tetapi support dengan banyak saluran video dan audio. Kamu akan mendapat basic tool seperti cropping, membuat background musik, dan lain-lainnya. Tidak hanya itu, akan banyak stiker, tool set, speed control yang membuat aplikasi ini sangat cocok untuk edit video pada aplikasi yang sedang viral sekarang ini yaitu TikTok. Download InShot.

5. KineMaster

Bicara tentang popularitas dan aplikasi editing video android terbaik, tidak akan bisa lepas dari KineMaster. Banyak banget fitur yang bisa kamu dapatkan, mulai dari crop, trim, background music, effect layer, dan masih banyak lainnya. Selain itu, ada juga editing chroma key (untuk green screen) yang memungkinkan kamu untuk mengedit video ketika streaming supaya menyatu dengan video, video efeknya pun sangat banyak, transisi dan lain-lain. Aplikasi ini juga memiliki banyak komunitas loh, pastinya ini akan mempermudah kamu untuk belajar sebuah editing video, mulai dari yang sederhana hingga ke level yang lebih advance. Satu lagi, aplikasi ini merupakan aplikasi yang cukup mudah untuk dipelajari, dan paling murah diantara aplikasi edit video android yang lainnya. Download KineMaster.

Itulah beberapa aplikasi edit video android terbaik yang bisa kamu install di smartphone kamu, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya., terima kasih !.

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.