via Huawei

Akan hadirnya sistem operasi HarmonyOS buatan Huawei untuk smartphone sepertinya sekaligus menutup buku EMUI. EMUI 11 yang dirilis Huawei di Mate 40 sepertinya akan menjadi EMUI versi terakhir.

Dalam sebuah wawancara, Wang Chenglu, Head of Software Department Huawei Consumer Business Group mengatakan EMUI 11 sebetulnya sangat mendekati dengan HarmonyOS.

Baca juga:

Ia mengatakan, EMUI 11 menggunakan framework yang sama dengan HarmonyOS. Bahkan secara performa, system scheduling, dan lainnya, EMUI 11 mirip dengan HarmonyOS

Hal ini menandakan EMUI 11 merupakan EMUI transisi sebelum akhirnya Huawei beralih ke HongMeng OS, atau yang secara resmi dinamakan HarmonyOS. Dalam kata lain, EMUI 11 juga menjadi sekilas dari HarmonyOS.

Sementara itu EMUI 12 diyakini tidak akan ada lagi setelah lahirnya HarmonyOS. Alhasil EMUI 11 menjadi EMUI versi final alias terakhir dari Huawei.

HarmonyOS, sistem operasi buatan Huawei dibuat untuk menggantikan Android, yang saat ini masih dipakai Huawei. Sistem operasi ini kini sudah masuk ke versi 2.0, dan akan tersedia untuk smartphone, smartwatch, head unit di mobil, hingga TV.

SDK HarmonyOS 2.0 telah tersedia di website resmi HarmonyOS. Sedangkan untuk smartphone, Huawei akan menyediakannya pada Desember mendatang.

Huawei sendiri direncanakan akan meluncurkan smartphone HarmonyOS pertamanya pada tahun 2021 mendatang.

Apa komentar kamu?

via MyDrivers, Gizmochina

  Technow #43: Android 12, iPhone Tanpa Port! Poco M3 Murah, Android Apps Jalan di Windows..!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.