via Engadget

Smartphone layar lipat Galaxy Z Fold dengan pena S Pen sebelumnya mungkin hanya bisa dianggap rumor saja. Namun rupanya, Samsung akan mewujudkannya.

Samsung telah mempatenkan desain smartphone layar lipat yang dilengkapi dengan ‘senjata’ pamungkas Galaxy Note tersebut. Paten ini baru saja masuk dalam database Organisasi Hak Kekayaan Intelektual dunia (WIPO) pada 29 Oktober lalu.

Baca juga:

Dokumen berisi 56 halaman ini mengungkap bagaimana S Pen tersebut dapat bekerja di layar fleksibel. Kalau diperhatikan, peletakan pena S Pen tersebut juga sama dengan Galaxy Note, di ujung kanan sebelah bawah. Ukuran S Pen ini terlihat menyerupai Galaxy Note, tak menjadi lebih besar seperti di Galaxy Tab S7.

via LetsGoDigital

Gambar sketsa paten tersebut juga tampak begitu mirip dengan fisik smartphone Galaxy Z Fold. Hanya saja, desainnya bisa saja akan berbeda dengan hasil akhirnya nanti.

Sempat disinggung pula dalam dokumen paten tersebut, layar Galaxy Z Fold dengan S Pen ini menggunakan teknologi digitizer EMR (Electromagnetic Resonance).

Terknologi tersebut berbanding terbalik dengan rumor sebelumnya yang menyebut layar smartphone layar lipat ini menggunakan digitizer AES, yang sebetulnya lebih mahal tapi lebih resposif dan dianggap lebih cocok untuk layar fleksibel.

Agar layar lebih sensitif dengan pena S Pen, Samsung akan menipiskan lapisan kaca tipis Ultra Thin Glass dari 30 micrometer ke 60 micrometer.

Konon Galaxy Z Fold 3 akan dilengkapi dengan pena S Pen. Belum diketahui apakah memang benar demikian. Tapi paten ini sudah mengungkap Samsung sudah menyiapkan Galaxy Z Fold berikutnya dengan pena S Pen.

Apa komentar kamu?

via LetsGoDigital

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.