via Forbes

Kita semua tahu bahwa tahun depan Google akan melakukan perombakan besar terkait cloud storage miliknya dan hal ini akan berdampak juga pada layanan serta aplikasi miliknya seperti Gmail, Google Drive, Google Photos dan Google One.

Namun sayangnya, Google tidak memberikan penyimpanan extra, mereka masih tetap bertahan pada kuota 15GB yang diberikan gratis sedari awal akun Google dibuat dan tentu saja hal ini tak akan mencukupi, apalagi file Google Docs, Sheets, Slides, Drawings, Forms dan Jamboard, kabarnya akan diakumulasikan juga di Google Drive mulai tahun depan.

Hal tersebut diperparah dengan kebijakan baru untuk akun yang tidak aktif atau melebihi batas penyimpanan, dimana isinya adalah:

  • Jika kamu tidak aktif di satu atau beberapa layanan ini selama dua tahun (24 bulan), Google dapat menghapus konten secara sepihak.
  • Hal tersebut juga berlaku untuk kamu yang sudah melebihi batas penyimpanan selama dua tahun, Google dapat menghapus konten kamu di Gmail, Drive, dan Foto.

Jadi, cuma ada dua cara agar file kamu aman di penyimpanan cloud, yang pertama adalah dengan meningkatkan penyimpanan kamu dengan cara berlangganan Google One dan yang kedua, kamu harus memilah dan menyortir file mana saja yang harus kamu upload atau hapus di penyimpanan awan.

  Technow #45: Spotify Dibobol..?? iOS 15, Snapdragon 875 dan 775G! Windows 10X  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.