Ketika kamu menggunakan smartphone, pasti kamu akan menemukan berbagai masalah kerusakan apalagi jika smartphone kamu sudah berumur diatas dua tahun atau bahkan lebih. Mungkin kamu akan menemukan berbagai permasalahan dalam smartphone, contohnya seperti layar tidak responsif, performa baterai mulai berkurang atau bahkan yang paling menyebalkan jika tombol volume ataupun on/off mulai rusak, padahal tombol-tombol tersebut mempunyai fungsi yang sangat penting bagi smartphone kita.

Baca Juga:

Kali ini, aku akan membagikan beberapa tips dan trik seputar mengakali rusaknya tombol on/off atau jika kamu ingin terlalu malas untuk memencet tombol tersebut. Karena jaman sekarang serba otomatis, pastinya akan ada beberapa aplikasi ataupun tools-tools yang ada disematkan di dalam smartphone yang bisa mengotomatisasi screen off ataupun screen on. Oke kita langsung saja ke tips dan triknya ya.

Download Gravity Screen

Langkah pertama, kamu bisa menginstall aplikasi yang bernama Gravity Screen. Bisa dibilang, aplikasi Gravity Screen ini menghilangkan semua pekerjaan menual untuk menghidupkan atau mematikan layar smartphone kamu. Jika memang tombol on/off kamu tidak rusak, minimal tombol tersebut menjadi lebih awet karena hampir tidak pernah di pencet sama sekali.

Gravity Screen ini merupakan aplikasi yang sangat cerdas, yang mana aplikasi ini bisa mendeteksi berdasarkan gerakan dari smartphone dan juga tentunya dari sensor yang ada di dalamnya (pastikan permissions dari aplikasi ini aktif semuanya untuk hasil maksimal). Aplikasi ini dapat membuka kunci ponsel kamu setelah mengambil atau mengeluarkan smartphone dari dalam saku atau kantong baju dan celana kamu.

Sebaliknya, jika kamu meletakkan smartphone di atas meja ataupun memasukkan kembali ke saku, maka smartphone kamu akan otomatis mematikan layarnya tersebut. Kamu tidak perlu repot-repot mengatur semua settinggan yang ada di dalam aplikasi ini, yang kamu lakukan hanya download, ketika sudah menginstall aplikasi di smartphone, langkah selanjutnya kamu mengijinkan Device Administrator dan kamu bisa menikmati layanan aplikasi ini.

Tetapi bagi kamu yang tidak terlalu suka settingan default, kamu bisa kok mengatur sendiri sesuai dengan yang kamu suka. Yang jelas aplikasi sangat membantu kamu jika kamu mempunyai permasalahan pada tombol power di smartphone. Download Gravity Screen.

Manfaatkan Fitur Biometrik Sensor Smartphone

Langkah kedua, kamu bisa memanfaatkan segala macam fitur biometrik yang menggunakan sensor di smartphone kamu. Pada era smartphone yang serba canggih ini, pastinya ada beberapa fitur canggih yang disematkan di dalam smartphone tersebut, contohnya seperti fitur fingerprint ataupun fitur google asisten.

Nah, dua fitur tersebut bisa kok untuk kamu manfaatkan untuk menyalakan ponsel tanpa menyentuh sedikitpun tombol on/off atau tombol power smartphone. Untuk fingerprint ataupun facial recognition, kamu tidak membutuhkan tombol power ataupun aplikasi pihak ketiga untuk membuka kunci smartphone tersebut. Yang harus kamu lakukan hanya menempelkan sidik jari ataupun menunjukkan wajah kamu pada kamera, tentunya kamu harus melakukan input data sidik jari dan wajah terlebih dahulu ya.

Kalau kamu ingin mengaktifkan fitur ini, kamu bisa ke menu Pengaturan > lalu kamu pilih menu Keamanan > Pilih Kunci Layar dan Sandi. Untuk keamanan, menurutku lebih aman jika kamu memakai finger print daripada face recognition, karena banyak terjadi kasus hanya menempelkan foto pemilik saja, sensor dari face recognition sudah bisa terlewati.

Untuk versi Google Asisten sendiri cukup mudah, dimana kamu hanya perlu mengatakan “Hey, Google” maka secara otomatis layar smartphone akan terbuka. Tetapi jika kamu memasang pola atau PIN, maka layar akan menyala dan kamu harus memasukkan pola atau PIN tersebut. Untuk mengatur Google Asisten agar mengenali suara kamu cukup mudah kok, kamu tinggal membuka Pengaturan > buka menu Google > pilih Layanan Akun > tap Penelusuran, Asisten & Voice > tap Asisten Google > tap menu Voice Match > nyalakan toggle Ok Google lalu masukkan suara kamu di Model Suara dan selesai.

Sayangnya, versi biometric ini hanya bisa untuk membangunkan layar smartphone saja, sedangkan untuk mematikan layar smartphone kamu harus memakai screen timer ataupun aplikasi pihak ketiga seperti Screen Off. Screen Off sendiri merupakan aplikasi yang cukup bagus, dimana aplikasi sudah terintegrasi dengan Android Asisten, dan jika kamu mengatakan “Hey Google, Buka Screen Off” maka secara otomatis layar akan padam.

Nyalakan Smartphone Hanya dengan Lambaian Tangan

Kalau misalnya kamu tertarik untuk menyalakan sebuah smartphone hanya dengan gesture tangan, maka kamu bisa menginstall aplikasi WaveUp. Hampir mirip dengan aplikasi Gravity Screen, Wave Up ini juga mampu menyalakan ataupun mematikan layar smartphone kamu ketika masuk ke saku atau kantong baju dan celana kamu.

Tetapi yang paling seru adalah, kamu bisa mengatur berbagai kombinasi gesture tangan dan ada beberapa pilihan gesture yang bisa kamu pilih sesuka hati. Selain itu ada beberapa pengaturan lain yang dapat kamu sesuaikan untuk memastikan aplikasi WakeUp ini tidak mengganggu, contohnya ketika kamu memainkan game. Download Wave Up.

Built-in Gesture

Mungkin diantara kamu sudah tahu bagaimana cara built-in gesture ini bekerja. Ya, pada built-in gesture ini, kamu bisa men-tap layar dua kali untuk mematikan layar dan sebaliknya kamu bisa men-tap dua kali juga untuk menyalakan layar smartphone tersebut.

Hampir semua manufaktur dari smartphone menyematkan fitur ini, mulai dari Samsung, OnePlus, Xiaomi ataupun Google Pixel dan masih banyak lagi. Jika kamu belum tahu cara mengatur settingan dari Built-in Gesture ini, kamu bisa mencarinya di menu Pengaturan > Tampilan. Tapi ada beberapa kasus yang menu dari built in ada di berbeda tempat, dan kamu harus mengakses menu bantuan atau mengeceknya dari website manufaktur terkait.

Tapi fitur ini sangat membantu loh, apalagi jika kamu kesulitan mengoperasikan berbagai aplikasi yang mungkin membutuhkan settingan yang lebih advance, dan kalau kamu memang mencari yang lebih mudah, mungkin kamu bisa memakai opsi yang lebih gampang dengan Built-in Gesture ini.

Oke itu tadi beberapa tips dan trik tentang mengakali menyalakan dan mematikan layar tanpa menggunakan tombol power. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih.

  Technow #46: Snapdragon 888..!! RIP Galaxy Note? Bliss OS, iPhone 13 Periscope Zoom!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.