10 Aplikasi Terbaik Untuk Membantu Belajar Tumbuh Kembang Anak (Update!)

Media edukasi sekarang ini sedikit demi sedikit mulai berubah, jika dahulu kita harus mencari sebuah buku untuk mendapatkan berbagai pengetahuan, untuk sekarang ini kamu bisa hanya mendownload sebuah aplikasi untuk mendapatkan sebuah pengetahuan. Perkembangan positifnya juga terdampak dengan ada beberapa aplikasi edukasi yang cocok banget untuk anak-anak. Lalu aplikasi apa saja yang cocok untuk anak-anak tersebut?, langsung saja kita ke daftar ya.

Baca Juga:

1. ABCmouse

ABCmouse merupakan salah satu aplikasi edukasi anak android yang mempunyai fitur cukup bagus. Aplikasi ini diperuntukan untuk anak usia 2-8 tahun, fitur-fitur nya pun cukup banyak antara lain kurikulum penuh matematika, seni rupa, membaca, dan berbagai macam pelajaran lainnya. Dan juga ada lebih dari 70.000 kelas yang berisikan 10.000 pelajaran yang sangat menyenangkan. Untuk menikmati aplikasi ini, kamu harus menyisihkan uang sekitar Rp.140.000,00 per bulan tetapi ini cukup worth it loh, karena banyaknya fitur yang bakalan menunjang keinginan belajar anak. Download ABCmouse.

2. ClassDojo

Kalau kamu mencari sebuah aplikasi yang menawarakan konsep virtual classroom, mungkin kamu bisa menjadikan ClassDojo ini sebagai salah satu acuan. Pada Class Dojo ini, kamu bisa beriteraksi dengan guru, orangtua, dan tentunya dengan para murid itu sendiri, jadi kamu bisa memonitoring proses belajar-mengajar yang di dapatkan oleh sang anak. Memang, hal ini tidak bisa dibandingkan dengan pengalaman belajar langsung di sekolah, tetapi minimal sang anak bisa beradaptasi dengan lingkungan belajar dengan baik. Overall ClassDojo ini merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk saat ini. Download ClassDojo.

3. Cram.com

Selanjutnya, ada sebuah aplikasi yang bernama Cram.com Flashcards. Untuk yang satu ini, mereka menyediakan sebuah flashcards yang bisa kamu isi dengan subjek apa saja. Bagi kamu yang belum tahu, flashcards ini bisa membantu menambah daya ingat bagi anak, Cram.com ini juga mempunyai fitur sinkronisasi cross platform loh. APlikasi ini juga bisa digunakan secara online maupun secara offline, kamu bisa menggunakannya secara gratis kok, dan kamu bisa membuat sebuah flashcards hingga 100 flashcards, kamu juga bisa mengupgrade ke versi premiumnya yang dibanderol sekitar Rp. 425.000,00 per bulan. Download Cram.com.

4. DragonBox Series

Pada daftar ke-empat ada series dari aplikasi DragonBox yang membantu anak untuk mempelajari dasar-dasar dari matematika. Matematika memang menjadi sebuah pelajaran yang terkadang sangat susah, dan di aplikasi DragonBox Series ini, belajar matematika akan dibalut semenarik mungkin. Banyak dasar-dasar matematika yang bisa dipelajari, mulai dari aljabar hingga geometri, jadi bisa dibilang ini sangat cocok untuk mengenalkan matematika terlebih dahulu sebelum mendapatkannya di persekolahan. DragonBox Series ini merupakan aplikasi yang berbayar, dan harganya pun cukup bervariasi mulai dari Rp. 85.000,00 hingga Rp. 113.500,00. Download DragonBox Series.

5. Khan Academy Kids

Selanjutnya, ada Khan Academy Kids, yang mana aplikasi ini merupakan versi Kids dari aplikasi edukasi android terbaik yaitu Khan Academy. Fitur yang dipunyai oleh Khan Academy Kids ini sangat banyak, mulai dari matematika dasar, membaca dan literasi, bahasa, mengasah skill motorik dan pertumbuhan anak itu sendiri dsb. Dan hebatnya ada sebuah seksi tersendiri yang melatih berpikir secara kritis, emotional lessons, tentunya aplikasi ini sangat gampang banget dipakai oleh orangtua maupun anak. Aplikasi ini gratis dan kamu bisa mengupgrade ke versi premiumnya jika kamu ingin menghilangkan segala adverstisements. Download Khan Academy Kids.

6. App Family

App Family merupakan sebuah wadah yang berisikan aplikasi-aplikasi yang telah dibuat oleh Google Play. Aplikasi-aplikasi tersebut memang dikhususkan untuk permainan bayi, aplikasi untuk balita, dan semacamnya. Sebagian besar permainan yang ditawarkan dalam aplikasi ini sangat sederhana, menyenangkan, dan tentunya mendidik tumbuh kembang anak. Hampir semua game atau aplikasi menampilkan mekanisme sederhana dan tidak perlu lebih dari beberapa ketukan atau gesekan untuk melakukan permainan tersebut. Beberapa game yang ada di App Family ini antara lain Balloon Pop, dan Game Puzzle biasa. Hampir semua game dan aplikasi di App Family ini bisa kamu dapatkan secara gratis. Download App Family.

7. Drawing for Kids

Sebenarnya kegiatan menggambar dan mewarnai sangat penting bagi tumbuh kembang anak loh. Dengan kegiatan seperti ini mereka secara langsung melatih kreatifitas dan imajinasi mereka karena di usia-usia bayi dan balita kreatifitas seorang manusia sedang dipuncak-puncaknya. Nah, aplikasi Drawing for Kids ini bisa banget membantu mengeluarkan kreatifitas anak kamu, dimana ada sebuah mode spesial yang bisa mengenalkan berbagai macam hewan. Selain mewarnai dan menggambar, aplikasi ini juga dibekali dengan animasi yang menyenangkan dan efek suara yang membantu anak kamu untuk belajar. Bisa dibilang ini adalah cara yang bagus untuk menginspirasi beberapa kreatifitas pada sang anak. Aplikasi Drawing for Kids ini bisa kamu dapatkan secara gratis dan tidak akan ada iklan di dalamnya. Download Drawing for Kids.

8. Amazon Kindle

Selanjutnya ada aplikasi Amazon Kindle, dimana dengan aplikasi ini kamu bisa membangkitkan ketertarikan minat baca anak-anak sejak dini. Bisa dibilang aplikasi Amazon Kindle ini merupakan aplikasi yang paling populer dikalangan orangtua. Selain itu, ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih sesuai tingkatan umur dan ada beberapa e-book gratis yang bisa kamu download. Tidak hanya itu, UI dari aplikasi Amazon Kindle ini sangat ramah loh, bisa dipastikan sang anak akan betah menghabiskan waktunya untuk belajar dan melatih skill membacanya. Masih banyak fitur-fitur menarik yang sayang banget untuk dilewatkan, jadi kamu bisa langsung mencobanya sendiri. Download Amazon Kindle.

9. Pocket Code

Pocket Code merupakan aplikasi yang mengajarkan sang anak untuk bagaimana mengenal dan memecahkan berbagai kode. Memang aplikasi didesain tidak untuk para balita tetapi bagi para anak-anak berusia SD atau SMP. Dengan aplikasi ini kamu akan ditunjukkan bagaiman cara kerja sebuah program, atau pengetahuan besar dari program dan logika. Memang cukup rumit, tetapi semua pengajaran tersebut didesain dengan sangat baik dan menarik. Semua langkah-langkah tersebut akan ditampilkan secara visual, jadi pengajarannya pun tidak akan terkesan membosankan. Uniknya, aplikasi dibuat oleh organisasi non-profit dan aplikasi bisa kamu download dengan gratis. Download Pocket Code.

10. YouTube Kids

Inilah salah aplikasi yang harus banget ada di setiap smartphone para orang tua, terlebih lagi jika sang anak sangat doyan menonton video-video yang ada di dalam YouTube. Sudah bisa dipastikan semua konten yang ada didalam YouTube Kids sangatlah aman dan family friendly. Fitur search barnya pun telah dimodifikasi sedemikian rupa oleh YouTube agar semakin rama dengan anak. Masih perlu beberapa perbaikan yang harus dilakukan oleh YouTube terkait dengan aplikasi YouTube Kids ini, tetapi secara keseluruhan untuk sementara ini aplikasi YouTube Kids sudah menawarkan fitur-fitur yang solid. Download YouTube Kids.

Oke itu tadi beberapa aplikasi edukasi android terbaik untuk anak-anak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

David James

Hobi nge game di pusat kebugaran, orang santuy yang terjebak di negara barbar

Post navigation