Pada era ini, para manufaktur smartphone secara terus menerus berlomba untuk menawarkan kecanggihan produknya. Pastinya kamera pun tidak luput dari pembaruan dan pastinya akan semakin canggih. Masalahnya adalah meskipun kualitas foto semakin baik tetap saja storage mempunyai batasan ukuran, selain itu ukuran foto pun semakin besar dan tentunya ini akan memakan ukuran storage yang seharusnya bisa dipakai untuk keperluan yang lain.

Baca Juga:

Untungnya ada beberapa rencana cadangan yang bisa kamu gunakan, yaitu dengan backup foto tersebut dengan aplikasi khusus backup foto. Jadi, kamu masih bisa berfoto ria lalu membackupnya dan storage kamu pun aman karena foto tersebut tersimpan di aplikasi backup tersebut. Aku sudah membuat daftar beberapa aplikasi backup foto terbaik di Android, kita langsung saja ke daftarnya.

1. Amazon Photos

Bisa dibilang untuk sekarang ini layanan backup yang ditawarkan Amazon Photos merupakan salah satu yang terbaik. Layanan backup ini bisa kamu gunakan secara gratis (hanya untuk foto, untuk video ada biaya tambahan), bagi kamu yang lebih suka berbayar kamu bisa merogoh kocek sekitar Rp. 300.000,00 per tahun dengan storage 100 GB. Nantinya, Amazon akan mengupload setiap gambar yang ada di smartphone kamu, dan kamu bisa secara bebas menghapusnya tanpa khawatir kehilangan foto atau video tersebut. Ini merupakan langkah yang bagus untuk memindahkan foto kamu dengan resiko yang rendah. Untuk masalah biaya memang agak mahal, tetapi semua foto dan video kamu dijamin aman. Download Amazon Photos.

2. Avast Cleanup

Avast Cleanup merupakan aplikasi basic yang bisa membersihkan semua koleksi foto di smartphone kamu. Aplikasi ini akan memindai perangkat kamu dan menunjukkan semua junk file, foto, video yang bisa kamu hapus dalam sekali tekan. Untuk harga, aplikasi Avast ini agak mahal, pertahunnya kamu harus mengeluarkan Rp. 175.000,00 untuk menikmati seluruh fitur yang ada di dalamnya. Tetapi pada dasarnya ini adalah aplikasi keamanan, jadi fungsinya pun tidak hanya sekedar menghapus foto saja, tetapi juga menjamin segala keamanan yang ada di smarphone kamu. Download Avast Cleanup.

3. CCleaner

Bagi kamu pengguna PC atau desktop, pastinya kamu familiar dengan aplikasi ini. Meskipun sekarang hadir di versi mobile, tetapi kualitasnya hampir mirip dengan aplikasi versi desktop. Cara kerjanya pun cukup mirip dengan Avast Cleanup, dimana aplikasi ini mampu memindai semua file yang ada di smartphone kamu. Ada juga sebuah fitur dimana aplikasi CCleaner mampu mendeteksi foto yang serupa dan menghapus secara otomatis foto serupa tersebut, tentu saja ini sangat bermanfaat untuk membersikan storage kamu dari double file tersebut. Untuk harga sendiri cukup murah jika dibandingkan dengan Avast dan harga langganan pertahunnya pun hanya sekitar Rp. 120.000,00 saja, cuma ada beberapa fitur yang kurang penting dan mungkin ini adalah kelemahan utama dari CCleaner. Download CCleaner.

4. Duplicate Cleaner

Duplicate Cleaner merupakan salah satu aplikasi photo cleaner terbaik dan terpopuler untuk saat ini. Aplikasi mampu menemukan sebuah duplikasi foto dan menghapusnya secara otomatis, tidak hanya file foto saja, tetapi juga audio, file, dokumen, dan file video. Ini adalah cara terbaik untuk menghapus foto kamu dengan efisien. Namun, aplikasi hanya bekerja pada file duplikat, bukan foto yang terlihat serupa. Untuk mengenali foto yang serupa tersebut, kamu memerlukan aplikasi lain. Aplikasi Duplicate Cleaner ini bisa kamu dapatkan dengan gratis, dan untuk versi premiumnya kamu bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau yaitu Rp. 51.000,00 dan ini hanya sekali beli dan bukan biaya berlangganan. Download Duplicate Cleaner.

5. Google Photos

Google Photos merupakan aplikasi yang menyediakan layanan backup foto yang paling populer. Aplikasi Google Photos ini bisa mengupload semua koleksi foto kamu ke akun Google Drive kamu dan membuat ukuran storage kamu menjadi lebih besar. Selain itu, kamu juga bisa mengarsipkan beberapa foto untuk menghemat cloud storage dan menghapus hal-hal yang kurang penting seperti screenshot atau apapun. Dahulu Google Photos adalah primadona karena bisa dinikmati secara gratis, tetapi layanan gratis kini hanya menyediakan 15 GB storage. Untungnya ada beberapa pilihan berbayar lain yang harganya cukup murah jika dibandingkan dengan layanan backup yang lainnya. Download Google Photos.

6. Remo Duplicate Photos Remover

Remo Duplicate Photos Remover adalah salah satu pembersih foto terbaik untuk saat ini. Hampir mirip dengan aplikasi seperti Duplicate Cleaner dimana aplikasi ini mampu kamu mengidentifikasi dan menghapus foto yang identik dari galeri kamu. Cara kerjanya pun sederhana, aplikasi ini akan memindai perangkat kamu untuk mencari file gambar dan mengidentifikasi adanya duplikat. Selanjutnya kamu bisa menghapus gambar tersebut atau membiarkannya. Bedanya dengan Duplicate Cleaner, aplikasi Remo Duplicate Photos Remover ini mampu mendeteksi foto yang serupa. Misalnya jika kamu mempunyai 10 selfie yang diambil di hari yang sama dan hanya ingin menyimpa satu foto, maka aplikasi ini akan memindai foto tersebut dan menghapusnya. Download Remo Duplicate Photos Remover.

7. Resilio Sync

Terakhir ada Resilio Sync, dimana kamu bisa menciptakan sebuah cloud storage sendiri. Aplikasi ini mempunyai kinerja yang mirip banget dengan Google Drive atau Dropbox, ini bagus banget untuk menyimpan data-data penting kamu. Aplikasi Resilio Sync ini juga termasuk aplikasi yang gampang digunakan loh, bahkan bagi pemula. Aplikasi ini bisa dibilang aplikasi yang cukup underrated, padahal kegunaanya sangat penting, terlebih lagi jika kamu tidak begitu percaya dengan keamanan Google Drive atau Dropbox tersebut. Download Resilio Sync.

Oke itu tadi beberapa aplikasi backup atau penghapus foto android terbaik yang bisa kamu install di smartphone kamu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi atau game yang ingin dibahas, kamu bisa komentar di kolom dibawah ya, terima kasih !.

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.