Pandemi Covid-19 ini memang menyerang hampir semua sektor, dan yang paling merasakan dampak ini adalah para musisi yang tidak mendapat jatah naik panggung sama sekali. Tentunya tidak ada event musik, kita pun juga terkena imbasnya karena hampir semua event-event konser dibatalkan dan belum ada lagi penyelenggara yang ingin menyelenggarakan event-event tersebut.

Baca Juga:

Nah, ada aplikasi yang bernama Bandcamp yang siap menjadi platform bagi para musisi ataupun penikmat music untuk saling berinteraksi. Pada Bandcamp ini, para musisi bisa membuat sebuah tiket event, dan bisa perform secara virtual kepada fans di seluruh dunia.

Saat ini, Bandcamp telah meluncurkan sebuah layanan live streaming yang disebut Bandcamp live. Layanan ini telah didesain agar para musisi tersebut dapat tampil secara virtual kepada penggemarnya di seluruh dunia, apalagi konser secara fisik belum bisa dipastikan kapan bisa digelar.

Apa itu Bandcamp Live?

Seperti yang dijelaskan di awal, pandemi ini memang menyerang para musisi secara masif. Jadi, banyak musisi sekarang beralih ke platform online agar terus terhubung ke para penggemar. Para musisi itu pun melakukan banyak banget cara mulai dari Live Instagram, short video TikTok dan yang terbaru ini adalah Bandcamp Live.

Bandcamp Live ini adalah sebuah platform live streaming yang terintegrasi dengan aplikasi Bandcamp secara keseluruhan. Ini bertujuan untuk mempermudah para penampil untuk menjual tiket dengan harga berapapun yang mereka pilih secara bebas.

Harga jual tiket nya pun sangat transparan untuk para penonton. Tidak ada tambahan biaya yang bermunculan ketika memesan sebuah tiket, bisa dibilang harga yang kamu lihat di event tersebut ya harga itulah yang harus kamu bayar. Sedangkan untuk Bandcamp, mereka akan mendapatkan keuntungan sekitar 10% dari biaya tersebut. Untungnya, pihak Bandcamp sendiri telah membebaskan biaaya itu mulai sekarang hingga 31 Maret 2021.

Para penggemar nantinya akan mendapat sebuah notifikasi ketika artis favoritnya sudah merilis sebuah event, dan tentunya kamu bisa membeli tiket tersebut lewat akun Bandcamp mereka. Kalau misalnya kamu baru banget login di Bandcamp maka kamu akan secara otomatis mengikuti sang artis atau musisi saat pembelian. Selain itu, kamu pun bisa membeli atau memesan sebuah merchandise official langsung di livestreaming tersebut.

Akan ada sebuah live chat yang bisa kamu ikuti ketika live streaming di Bandcamp sedang berlangsung, dan misalnya kamu ingin mendapatkan berbagai informasi artis siapa yang akan tampil, harga tiket, jadwal manggung dan lain-lain, kamu bisa mengakses situs blog Bandcamp atau aplikasi Bandcamp.

Jadi kalau misalnya kamu ingin melihat sebuah konser-konser virtual, atau mungkin kamu ingin mencoba peruntungan dengan menyelenggarkan sebuah konser virtual, kamu bisa memakai aplikasi Bandcamp dan Bandcamp Live.

Oke itu tadi berita seputar aplikasi Bandcamp, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Download Bandcamp

Sumber

  10 Alasan Beli OPPO Band! Smartband Irit Fitur Komplit!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.