Sebuah kabar mungkin cukup menyedihkan dimana operasional Google Hangouts tanda-tandanya akan mencapai titik nadir. Ya, kabar Google Hangouts akan dihentikan memang bukan berita yang mengagetkan, sudah banyak pengamat-pengamat di sejumlah situs-situs kredibel di luar negeri yang memperkirakan Google Hangouts akan dihentikan.

Baca Juga:

Sebelumnya, Google masih bersikeras untuk mempertahankan Google Hangouts, dan berbagai cara seperti update-update telah diberikan kepada Hangouts tetapi tidak membuahkan sebuah hasil yang signifikan. Malah, dengan adanya berbagai macam platform group video calling seperti Google Meet, Google Duo dan layanan pepesanan seperti Google Chat membuat Hangouts menjadi aplikasi yang serba tanggung

Bisa dikatakan, Google juga mempunyai sebuah andil yang cukup besar atas kegagalan dari Google Hangouts ini, dimana mereka mengenalkan sebuah aplikasi group video calling yang sebetulnya mampu untuk dicover oleh Hangouts. Tetapi sayangnya, aplikasi seperti Meet ataupun Duo malah membabat habis kinerja dari Hangouts itu sendiri.

Nah, sinyal-sinyal Hangouts ini akan dihentikan cukup kuat, dimana pada update versi 36.0.340725045 akan ada sebuah informasi yang menyatakan fitur video call di Hangouts akan dialihkan pada Google Meet. Ini masih belum sepenuhnya akan berlaku, karena jika kamu menggunakan video call pribadi one to one masih bisa untuk digunakan, meskipun menu baru yang muncul akan mengalihkan kamu untuk berbagi link Meet dengan seseorang. Yang jelas, untuk Group calls, kamu harus menggunakan aplikasi Google Meet untuk bisa melakukan hal tersebut.

Group calls pada hangouts sudah dihentikan sepenuhnya untuk mendukung Google Meet. Ikon Group call sebenarnya masih ada di dalam menu Google Hangouts, tetapi jika kamu men-tap ikon tersebut, maka secara otomatis akan ada sebuah link yang mengarahkan kamu pada Google Meet.

Tapi kamu masih bisa kok mengakali group calls ini dengan menginstall Google Hangouts yang versi lama seperti versi 35.0.327050771, dan kamu bisa mendapat versi tersebut di APK Mirror. Tetapi dengan syarat teman-teman kamu pun juga menggunakan versi tersebut ya, jika lawan bicara kamu tidak memakai Hangouts versi lama dan memakai Hangouts versi terbaru, ya tidak akan bisa.

Lalu, bagaimana pendapat kamu tentang berita Google Hangouts ini?, apakah kamu setuju jika Google Hangouts “disuntik mati”?, atau malah sebaliknya?. Tulis pendapat kamu pada kolom dibawah ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.