Kabar terbaru datang dari media streaming musik yaitu Spotify, dimana mereka mengalami sebuah issues pada akhir-akhir ini yang mengakibatkan para penggunanya tidak bisa mendengarkan musik mereka secara lancar. Lalu, apa permasalahan utama sehingga Spotify menjadi “down” seperti ini?.

Baca Juga:

Banyak dari pengguna Spotify yang mengeluhkan tentang kesulitan untuk mengakses musik pada platform mereka. Hal ini memang terbukti benar dimana pada situs downdetector, Spotify telah mendapatkan sebuah issues atau problem sekitar tanggal 27 November 2020 kemarin.

Para user tersebut memberikan ulasan bahwa lagu-lagu yang mereka dengarkan hanya bisa distream selama 10 detik, lalu lagu itu tiba-tiba skip ke lagu selanjutnya. Malah ulasan-ulasan lainnya mengatakan bahwa mereka sama sekali tidak bisa memainkan lagu apapun.

Tanggapan Spotify

Dengan adanya technical issues ini pihak Spotify pun langsung memberikan tanggapan lewat akun Twitter resmi mereka, yang mana mereka mengatakan bahwa mereka masih mencari titik permasalahan tentang hal tersebut. Masih belum ada sebuah statement resmi mengapa hal ini bisa terjadi pada Spotify yang memang jarang banget bermasalah.

Pada tahun 2020 ini setidaknya ada sekitar dua kali Spotify mengalami permasalahan. Pertama pada bulan Juni 2020 dimana hal ini dikarenakan Facebook memperbaiki developer tools yang menyebabkan beberapa aplikasi terkena imbasnya, termasuk juga dengan Spotify.

Untuk yang kedua terjadi pada bulan Agustus 2020, hal ini dikarenakan Spotify belum memperbarui sertifikat TLS-nya. Bisa disimpulkan kejadian down tersebut, masih bisa dimaklumi dan mempunyai alasan yang jelas, ini cukup berbeda untuk kali ini karena belum bisa ditemukan alasan kuat dibalik itu.

Efek dari Pembobolan Spotify?

Banyak yang berspekulasi bahwa “down”-nya Spotify ini terjadi karena Spotify memperbarui fitur keamanannya dikarenakan lebih dari 300.000 akun Spotify menjadi target peretasan. Jadi, mungkin ini bisa menjadi sebuah alasan yang cukup kuat mengapa tiba-tiba Spotify menjadi “down” seperti ini. Tapi ini murni masih menjadi sebuah asumsi ya, kita harus menunggu sebuah pernyataan resmi dari Spotify tentang hal ini.

Untuk sekarang ini, sepertinya Spotify sudah bisa dijalankan secara normal, hal ini diperkuat oleh situs downdetector melaporkan tidak ada permasalahan berarti untuk saat ini.

Itu tadi berita seputar “down”-nya media streaming musik Spotify, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.