Ya, banyak kabar yang berhembus bahwa mobile gaming sekarang akan beralih ke cloud gaming. Setelah langkah besar yang dilakukan Xbox dengan membuat xCloud Project nya, dan mulai nya Google Stadia mengembangkan cloud gaming versi mereka, ditambah lagi adanya kabar bahwa Sony dengan Playstation-nya tidak menutup kemungkinan untuk menjajah cloud gaming. Lalu pertanyaan terbesarnya adalah, apakah itu Cloud Gaming?.

Baca Juga:

Sebelum membahas hal tersebut lebih detail (tentu saja menurut opini aku pribadi), seperti riset yang dilakukan oleh situs Omdia, dimana 4 dari 5 orang tidak mengenali apa itu layanan Cloud Gaming. Mungkin, beberapa dari orang tersebut hanya mengerti dasar dan konsep dasarnya saja, dan kebanyakan orang tidak begitu mengerti akan hal ini.

Pengertian Cloud Gaming

Sederhananya begini, cloud gaming platform seperti Google Stadia, Xbox Game Pass, dan Nvidia GeForce Now menyediakan dan memungkinkan kamu untuk mengakses game yang disimpan oleh penyedia platform di server mereka, tanpa harus menggunakan sebuah konsol.

Jadi misalnya kamu ingin memainkan game PES 2020, kamu tidak usah menginstall game PES 2020 tersebut ke smartphone kamu, kamu bisa mengakses dan memainkan game PES 2020 tersebut dari platform sebut saja Google Stadia, dan kamu bisa menikmati game itu secara bebas meskipun kamu tidak mempunyai aplikasi PES 2020 tersebut.

Nah, pilihan gamenya pun sangat banyak, jadi kamu dipastikan tidak akan bosan dalam memainkan sebuah game yang ada dalam layanan cloud gaming itu. Itulah mengapa banyak orang khususnya gamers lebih memilih layanan cloud gaming daripada harus mendownload atau membeli aplikasi game tersebut.

Jelas akan ada biaya yang dibebankan secara bulanan jika kamu ingin menikmati layanan Cloud gaming ini. Memang ada beberapa layanan yang gratis, tetapi kebanyakan game yang ditawarkan pun cukup standart dan kurang begitu seru untuk dimainkan.

Keuntungan dan Kerugian Cloud Gaming

Jelas keuntungannya adalah storage smartphone kamu akan menjadi lebih hemat karena kamu tak menginstal aplikasi tersebut, kamu tinggal memilih game mana yang kamu suka di dalam platform cloud gaming tersebut. Kamu juga bisa memainkan game-game berat ala PC atau malah konsol langsung dari smartphone kamu loh, kebayangkan keseruannya apalagi ada sebuah fitur keluarga, jadi kamu bisa menambahkan sebuah akun dan hanya dengan sekali bayar, kamu tetap bisa memainkan layanan cloud gaming ini secara rame-rame.

Untuk sisi kerugian ada pada biaya subsripction yang dibanderol cukup mahal, dan tentu saja koneksi internet pun harus tinggi dan stabil karena kita juga secara langsung streaming dari layanan cloud gaming tersebut. Menurutku, untuk harga tidak jadi masalah karena untuk game, rata-rata orang di negara ini rela mengeluarkan uangnya demi game (termasuk aku), tetapi koneksi internet cepat inilah yang menjadi permasalahan utama mengapa cloud gaming ini masih belum menyentuh negara ini.

Tren Gaming Mobile Beralih ke Cloud Gaming?

Besar kemungkinan tren gaming akan mulai sedikit demi sedikit pindah ke layanan cloud gaming. Alasannya yang mungkin paling masuk akal adalah keseruan dalam bermain game, kapan lagi kita memainkan game ala Xbox langsung dari smartphone kita, apalagi dengan teknologi smartphone yang semakin canggih, jelas performa tetap bisa tercover dengan baik.

Selain itu, mobile gaming adalah pasar yang sangat menarik, karena smartphone merupakan barang yang selalu kita bawa dan tentunya kita pakai setiap hari. Ini sangat berbeda dengan konsol ataupun PC/laptop yang tidak tiap hari atau rutin kita pakai.

Jadi dengan alasan tersebut, besar kemungkinan cepat atau lambat cloud gaming akan menjadi sebuah tren terbaru mobile gaming. Mungkin jika permasalahan internet di negara Indonesia ini sudah menjadi lebih baik, bukan tidak mungkin kita bisa menikmati cloud gaming ini lebih cepat dari yang kita duga, tertarik untuk mencobanya?.

Lalu bagaimana pendapat kamu tentang cloud gaming ini?, kalau misalnya kamu mempunyai pendapat sendiri, tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.