Ada sebuah kabar yang cukup positif yang dibawa oleh YouTube, yang mana nantinya akan muncul sebuah prompt yang mengingatkan bahwa komentar yang ditulis bersifat ofensif. Jadi harus dipertimbangkan kembali jika memang komentar tersebut akan diposting.

Baca Juga:

Sudah bukan rahasia umum jika kolom komentar di YouTube menjadi sebuah tempat celaan yang bahkan menjurus tidak bermoral. Dampaknya pun sangatlah signifikan, banyak diatara konten kreator di YouTube menjadi malas atau bahkan pensiun untuk membuat sebuah konten karena seringnya komentar negatif yang bermunculan.

Nah, pada kebijakan baru ini YouTube memberikan sebuah perbaikan penting yang diharapkan akan menjadikan komunitas di YouTube menjadi lebih “welcoming dan inklusif”. Salah satu terobosan tersebut adalah dengan dibuatnya sebuah prompt peringatan bahwa komentar tersebut mengandung kata-kata yang ofensif.

YouTube Menambahkan Fitur Prompt Pengingat

Seperti yang diberitakan dari blog resmi dari YouTube, mereka bilang bahwa akan ada sebuah pop up reminder yang keluar secara otomatis apabila kita memposting sebuah komentar yang berpotensi memuat komentar yang menyerang. Nantinya, kita akan dihadapkan dua pilihan, dimana pilihan pertama kita tetap memposting komentar tersebut, atau kita mengedit terlebih dahulu.

Dengan adanya fitur Prompt Pengingat ini, para pembuat komentar bisa terlebih dahulu mempertimbangkan kembali komentar tersebut, dan tentunya diharapkan akan menjadi sebuah diskusi yang lebih positif.

Nah, sistem akan mempelajari komentar-komentar yang berpotensi menyinggung berdasarkan apa yang dilaporkan para pengguna lain. Memang sistem ini masih belum 100% akurat dan akan ada nofitifikasi yang berisi tautan untuk memberikan sebuah feedback. Fitur baru ini untuk sementara baru sebuah peringatan, dan tidak berarti bahwa komentar tersebut akan di remove nantinya ataupun melanggar kebijakan komunitas.

Bisakah Komentar Menyerang Disembunyikan dari Para Kreator?

Masih dari pernyataan YouTube yang mana banyak sekali masukkan dari para kreator yang ingin mendapatkan sebuah proteksi dari melihat segala komentar yang menyinggung. Kabar baiknya, YouTube sudah membuat sebuah filter baru di aplikasi YouTube Studio.

Filter ini memungkinkan para kreator untuk menyembunyikan komentar-komentar yang tidak pantas dan menyerang yang secara otomatis. Jadi, bisa dibilang mereka tidak akan berkonfrontasi langsung dengan komentar-komentar yang tidak pantas tersebut.

Data juga mengatakan bahwa di tahun 2019 saja, tiap harinya YouTube menghapus sekitar 46 komentar yang berisikan komentar-komentar negatif, tidak hanya itu YouTube juga menghapus lebih dari 54.000 channels yang kemungkinan besar mengandung unsur hate speech. Jadi dengan adanya angka-angka ini sudah jelas bahwa YouTube sudah tidak setengah-setengah untuk membasmi komentar-komentar negatif yang bersliweran di platform mereka.

Lantar bagaimana pendapat kamu tentang hal ini?, apakah kamu setuju dengan kebijakan terbaru dari YouTube ini?, atau mungkin kamu punya pendapat yang berbeda?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  HP LOKAL INI MULAI BERANI NANTANG XIAOMI..!! 🔥🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.