Sebuah terobosan terbaru datang dari media streaming terbesar saat ini yaitu YouTube. Untuk sekarang ini, YouTube adalah platform media pertama yang support dengan live secara High-Dynamic Range (HDR). Jelas ini merupakan kabar yang mengasyikan, yang mana kita bisa streaming dengan warna yang lebih hidup dan realistis apalagi jika kita menonton dengan perangkat yang mendukung HDR.

Baca Juga:

HDR sebenarnya bukan merupakan fitur terbaru dari YouTube. Faktanya, platform media streaming terbesar YouTube ini, sudah menggunakan fitur ini sejak tahun 2016. Akan tetapi, untuk hal live streaming dalam bentuk HDR ini merupakan hal yang berbeda, dan YouTube sendiri mengklaim bahwa mereka adalah platform pertama yang memakai fitur HDR dalam live streaming.

Bagaimana Cara Streaming HDR di YouTube

Fitur HDR ini tersedia bagi semua user YouTube yang mempunyai peralatan dan encoder yang memadai. Sebagai contoh, jika kamu ingin melakukan live stream gaming secara HDR, maka kamu harus menyiapkan apakah game tersebut sudah HDR atau belum, lalu kamu harus mempunyai peralatan memadai seperti TV atau monitor yang proper, tentu juga kamu harus mempunyai encoder yang kompatibel.

Untuk sekarang, software encoder yang kompatibel adalah Mirillis Action. Bagi hardwarenya, kamu bisa menggunakan encoder dengan HLS output, Cobalt, ataupun Telestream. Daftar lengkap software dan hardware encoder yang kompatibel dan berbagai cara konfigurasinya, kamu bisa cek di halaman YouTube Help disini.

Melihat YouTube Secara HDR

Untuk melihat YouTube secara HDR pun cukup mudah, langkah pertama pastikan smartphone kamu support dengan HDR. Jika smartphone kamu sudah support dengan HDR, kamu pasti bisa menemukan ikon atau badge HDR di settings menu bagian video quality, jika kamu mengaktifkan ikon tersebut, maka streaming yang lihat tersebut akan secara otomatis menjadi HDR.

Kalau misalnya kamu tidak menemukan ikon atau badge HDR, berarti smartphone kamu tidak support dengan HDR. Meskipun begitu kamu tetap bisa melihat livestream, tetapi versinya pun hanya standard dynamic range.

Sepenting Itukah Streaming HDR?

Mungkin masih banyak para konten kreator di YouTube masih belum mengerti tentang HDR, dan mungkin bertanya-tanya apakah HDR itu bermanfaat atau tidak. Tetapi HDR jelas merupakan sebuah peningkatan dan kelemahannya adalah banyak perangkat yang belum support mendukung fitur HDR ini.

Melihat YouTube sudah memunculkan sebuah fitur HDR ini, akan sayang sekali jika para kreator YouTube tidak memanfaatkan secara maksimal fitur HDR ini apalagi dalam layanan live streaming yang memang saat ini sangat rame.

Itu tadi berita seputar fitur HDR di YouTube, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Huawei Watch Fit Elegant Edition! Apa yang Baru..??  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.