Kali ini kabar terbaru datang dari Facebook yang mana mereka telah menelurkan sebuah aplikasi terbaru yang dinamakan Collab. Pada aplikasi ini, memungkinkan para penggunanya bisa membuat sebuah kolaborasi jamming session selama 15 detik. Sebelumnya aplikasi ini masih dalam private beta testing, dan sekarang aplikasi telah dilemparkan ke publik. Dengan aplikasi Collab ini, memungkinkan para penggunanya untuk membuat sebuah konten lalu membagikannya ke platform mash-ups musik.

Baca Juga:

Seperti yang dilansir dari sebuah postingan dari NPE Blog, aplikasi Collab ini di kembangkan oleh tim Facebook’s New Product Experimentation (NPI). Konsep dasar dari aplikasi ini pun cukup simpel, kamu akan membuat sebuah klip dari instrumen-instrumen yang ada di dalam aplikasi Collab ini.

Ketika kamu membuka aplikasi tersebut, kamu akan langsung menemukan feed Collab tersebut dan semuanya akan disajikan dalam format tiga layar. Masing-masing layar tersebut akan berisi sebuah klip yang berdurasi sekitar 15 detik yang semuanya diputar pada waktu bersamaan, dan bersatu untuk membuat lagu yang pendek.

Di dalam klip tersebut akan ada berbagai player seperti drummer, pianist, pemain gitar dan sebagainya. Jika kamu memang menyukai musik yang mix and match, kamu bisa menggabungkan dan mengatur instrumen-instrumen tersebut menjadi sebuah lagu yang kamu inginkan. Selain itu, kamu bisa merekam hasil lagu tersebut, dan membagikannya ke sosial media kamu.

Di dalam aplikasi ini pun ada sebuah tools yang memastikan lagu-lagu yang kamu buat tersebut menjadi sinkron dan tidak akan fals, penggunaan yang mudah ini bisa menjadi kekuatan utama dari aplikasi Collab ini. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menambahkan sebuah eksternal audio interface untuk menambahkan rekaman gitar, keyboard maupun drumkit.

Sayangnya, aplikasi Collab ini masih bisa dipakai pada platform iOS, dan masih belum ada pernyataan resmi kira-kira kapan aplikasi ini akan dipasarkan di platfom Android.

Siap Bersaing Dengan TikTok

TikTok memang bisa dibilang aplikasi paling laris saat ini, bisa dibilang aplikasi tersebut penguasa di tahun 2020 dan Facebook pun sepertinya tidak mau kalah untuk bersaing dengan aplikasi short video tersebut.

Facebook menjadi platform ketiga yang telah resmi meluncurkan fitur short video ini. Sebelumnya ada Instagram dengan Reels, Snapchat dengan Spotlight dan terbaru dari Facebook ini. Mungkin ini menjadi sedikit tanda tanya mengapa fitur-fitur ini tidak disematkan di Instagram Reels saja, tetapi mungkin Facebook mempunyai penilaian tersendiri terhadap hal tersebut.

Oke itu tadi berita seputar aplikasi terbaru yaitu Collab by Facebook, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih.

Sumber

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.