via Samsung

Setelah sekian lama ada di seri Galaxy Note, Samsung akhirnya resmi melepas label eksklusif S Pen dari seri tersebut. Galaxy S21 Ultra menjadi smartphone non Galaxy Note pertama yang dilengkapi dengan kemampuan S Pen.

Samsung tak hanya akan berhenti di seri Galaxy S saja untuk membawa S Pen. Kedepannya smartphone Samsung yang berkemampuan pena stylus ini akan hadir di smartphone lain.

Baca juga:

“Kami membuat keputusan berani untuk memperluas pengalaman S Pen ke Galaxy S21 Ultra, dan berencana memperluas pengalaman S Pen di seluruh kategori perangkat tambahan di masa mendatang,” kata Samsung dalam pernyataannya.

Samsung saat ini menawarkan dua jenis S Pen untuk pengguna Galaxy S21 Ultra, yakni S Pen dan S Pen Pro. Perbedaan dari keduanya adalah adanya fitur Bluetooth dan sensor di S Pen Pro, yang membuat pena ini lebih mirip dengan S Pen di Galaxy Note 20.

S Pen di Galaxy S21 Ultra sendiri dijual terpisah, yang dibanderol seharga 40 Dolar AS (sekitar Rp 500 ribuan), dan harus membeli case khusus yang memiliki slot S Pen untuk menyimpannya. Case tersebut dijual seharga 70 Dolar AS (sekitar Rp 900 ribuan).

Selain membeli S Pen buatan Samsung, Galaxy S21 Ultra juga mendukung pena stylus Wacom lainnya, seperti Steadler Noris Digital ataupun Wacom One Pen.

Samsung tak menyebut memang produk smartphone apa saja yang akan mendapatkan dukungan S Pen ini. Sebelumnya muncul kabar smartphone layar lipat generasi baru Samsung, Galaxy Z Fold 3 akan memiliki pena S Pen.

via SamMobile

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.