Kabar terbaru datang dari Facebook yang memberikan sebuah update baru terkait dengan deskripsi gambar AI di platformnya. Peningkatan besar deskripsi gambar AI ini memang ditujukan untuk membantu para tunanetra memvisualisasi dan mengidetifikasi sebuah gambar secara lebih detail. Tidak hanya itu saja, deskripsi gambar akan lebih akurat, dan lebih handal dari versi sebelumnya.

Baca Juga:

Facebook Mengenalkan Automatic Alternative Text

Pada sebuah postingan di blog resmi dari Facebook, Facebook menguraikan perubahan apa saja yang dibuatnya pada alat AI mereke. Facebook mengatakan bahwa teknologi ini dinamakan Automatic Alternative Text (AAT). Sebenarnya, fitur ini sudah diperkenalkan di tahun 2016 yag lalu, tetapi baru beberapa tahun terakhir AI ini mulai mendapatkan sebuah update yang penting.

Perubahan-perubahan yang dilakukan oleh Facebook adalah angka, item, dan konsep gambar yang lebih handal untuk dikenali. Tentu saja ini akan berefek kepada deskripsi yang lebih spesifik , dan AI sekarang bisa mengenali binatang, aktifitas, atau bahkan sebuah lokasi di foto tersebut.

AI ini bahkan dapat mengidentifikasi lokasi posisi dan ukuran item dalam sebuah foto. Sebelumnya, sistem AI ini hanya sebatas memberikan sebuah gambaran samar yang tidak menyertakan posisi orang dan objek dalam sebuah gambar. Dengan peningkatan seperti ini, Facebook mengharapkan AI in bisa mengenali lebih dari 1.200 foto dengan konsep yang berbeda-beda dengan deskripsi yang jauh lebih akurat.

Meskipun terlihat lebih canggih, akan tetapi ada beberapa kesalahan yang mungkin akan keluar di deskripsi tersebut. Maka dari itu, Facebook akan menyematkan kata-kata “maybe” ketika AI tidak mengenal kondisi foto secara detail. Ini untuk mengurangi kemungkinan menyampaikan deskripsi secara tidak akurat.

Cara Baru Menikmati Sosial Media Bagi Berkebutuhan Khusus

Bisa dibilang, ini menjadi sebuah langkah positif yang dilakukan oleh Facebook untuk memberikan sebuah pengalaman baru bagi usernya yang berkebutuhan khusus seperti tunanetra. Dengan adanya fitur seperti ini, akan menjadi sebuah hal yang luar biasa jika setiap sosial media yang tersedia, bisa mengadaptasi fitur AI dari Facebook ini.

Tidak menutup kemungkinan lain akan ada beberapa inovasi menarik yang ditawarkan oleh Facebook agar semua orang khususnya para user yang berkebutuhan khusus untuk bisa juga menikmati sosial media secara lebih fair dan menyenangkan.

Lantas bagaimana pendapat kamu tentang fitur terbaru dari Facebook ini?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.