Google telah mengenalkan alat benchmark terbaru mereka yang dinamakan Core Web Vitals, alat ini akan berfungsi sebagai menilai kecepatan situs web pada tahun lalu. Nah, sekarang alat ini bisa digunakan di versi mobile loh dengan menggunakan Chrome 90. Hal ini dikarenakan Google ingin mengitegrasikan statistik secara live di browser desktop dan versi seluler. Untuk versi mobilenya ini, mereka hadir dalam bentuk performance HUD.

Baca Juga:

Hal ini disampaikan juga oleh Google Engineering Manager yaitu Addy Osmani yang ditulisnya di blog pribadinya, bahwa performance HUD ini akan menjadi bagian penting dari Chrome DevTools, dan ditambah lagi akan ada sebuah toggle yang berfungsi untuk mengaktifkan dan mematikan fitur benchmark ini.

Ketika diaktifkan, maka mereka bisa melihat Core Web Vitals lengkap dengan smoothness metrik-nya. Tetapi karena fitur asli juga tersedia di browser seluler, maka batasan asli dari ekstensi browser khusus desktop dihilangkan.

Jika kamu ingin melihat bagaimana HUD berjalan, kamu bisa menginstall Chrome Canary, lalu kamu ke chrome://flags dan cari menu “Show performance metrics ini HUD” dan nyalakan entry-nya. Metric tersebut akan secara permanen diperlihatkan hingga kamu mematikannya dengan cara yang sama.

Tapi patut diingat ya, Chrome Canary ini browser paling tidak stabil, jadi kemungkinan kamu akan mendapatkan berbagai permasalahan ketika memakainya. Hal ini dimaksudkan untuk membuat developer lebih gampang menilai performa sebuah website.

Terkadang ada sebuah website yang isinya terkadang membuat smartphone kita bekerja lebih keras daripada biasanya, dan ketika kamu memakai fitur Core Web Vitals di Chrome Canary ini, kamu bisa mengetahui secara spesifik apakah situs ini mempunyai performa yang bagus atau tidak.

Download Chrome Canary

Sumber

  Review Laptop Terbaik 2021 dari Huawei...! 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.