Kabar terbaru datang dari Twitter dimana mereka mengeluarkan sebuah fitur terbaru yaitu Birdwatch. Bisa dibilang, Birdwatch ini merupakan sebuah komunitas yang berfungsi untuk mengevaluasi segala bentuk Tweet yang berpotensi berisikan misinformasi atau hoax yang bertebaran di timeline Twitter.

Baca Juga:

Birdwatch Sebagai Sarana bagi Komunitas Melawan Hoax

Langkah ini diambil oleh Twitter karena tentu Twitter tidak bisa meng-kroscek secara satu-persatu tweet di dalam timelinenya. Berita peluncuran Birdwatch ini sendiri sudah diposting di blog resmi dari Twitter. Pihak Twitter sendiri menggunakan sebuah pendekatan yang berbasis komunitas untuk membantu mengatasi informasi yang menyesatkan di Twitter.

Dengan Birdwatch ini, memungkinkan para pengguna Twitter yang menghabiskan waktu di dalam Twitter bisa meninggalkan sebuah catatan di sebuah Tweet, dan menjelaskan mengapa Tweet tersebut menyesatkan. Nah, catatan ini akan muncul di bawah sebuah tweet, dan kamu harus memilih See all notes on this tweet untuk memperlihatkan prompt ini.

Nantinya, para user bisa melihat label apa yang telah para Birdwatchers sematkan di Tweet tersebut, seperti misinformasi (hoax dan menyesatkan), potensial menyesatkan, dan ditambah dengan sebuah catatan yang memberi saran untuk memeriksa fakta dari isi konten tersebut.

Twitter berharap fitur Birdwatch ini bisa memperluas jangkauannya dalam memperangi segala sesuatu yang berhubungan dengan hoax atau informasi menyesatkan. Sebelumnya, Twitter telah membuatkan sebuah fitur label dan prompt untuk mengatasi segala bentuk konten yang menyesatkan, tetapi malah mendapat sebuah kritik tajam oleh para penggunanya, dan mungkin dengan adanya Birdwatch ini juga bisa membebaskan kritik-kritik yang terus-menerus dialamatkan ke Twitter.

Sebagai poin penting tambahan, Birdwatch ini dapat membantu pengguna Twitter untuk membantu pengguna untuk memahami sebuah Tweet ke tingkat yang lebih dalam, dan tidak hanya memberi label belaka yang menentukan apakah ini sesuatu yang benar atau salah.

Tantangan Dalam Membuat Birdwatch

Pasti di satu sisi ada sebuah tantangan dalam membuat sebuah komunitas yang mencakup ruang lingkup yang luas seperti ini. Twitter sendiri mencatat ada sebuah tantangan dalam membangun sistem berbasis komunitas. Pertama, Twitter berupaya membuat user di dalam Birdwatch harus tahan terhadap segala macam manipulasi. Kedua, para Birdwatch tersebut tidak didominasi oleh mayoritas yang bias berdasarkan distribusi kontributornya. Ketiga, orang yang dipilih ini harus benar-benar netral dalam pengambilan keputusan. Ini adalah beberapa poin yang harus diselesaikan Twitter selama pengujian Birdwatch ini.

Birdwatch ini masih belum tersedia untuk semua orang, dan para usernya pun hanya dari beberapa user yang dipilih langsung oleh Twitter, dan untuk saat ini masih di region Amerika Serikat saja. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika fitur ini berhasil, maka akan fitur ini akan dibuka secara global.

Lalu, bagaimana pendapat kamu tentang fitur Birdwatch ini?, apakah kamu setuju dengan Twitter membuat fitur ini?, atau malah sebaliknya?. Tulis pendapat kamu pada kolom komentar dibawah ini ya, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya, terima kasih!.

Sumber

  12+ Alasan Beli vivo X60 5G di 2021 🔥  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.